Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough)

Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough)

Jelajah Network
Minggu, 03 Januari 2021

 Anggrek Vanda denisoniana




Klasifikasi Ilmiah Anggrek Vanda denisoniana

Adapun klasifikasi ilmiah dari Anggrek Vanda denisoniana antara lain :

Kingdom         : Plantae

Clade               : Tracheophytes

Clade               : Angiosperms

Clade               : Monocots

Order              : Asparagales

Family             : Orchidaceae

Subfamily       : Epidendroideae

Genus             : Vanda

Species            : Vanda denisoniana

Nama binomial         : Vanda denisoniana Benson ex Rchb.f.


Sinonim Anggrek Vanda denisoniana

Adapun sinonim dari Anggrek Vanda denisoniana antara lain :

  • Vanda Lady Denison Londesborough
  • Vanda denisoniana var. hebraica Rchb.f.
  • Vanda henryi Schltr.
  • Vanda denisoniana var. tessellata Guillaumin

 


Anggrek Vanda denisoniana merupakan anggrek yang dideskripsikan oleh Bens. & chb.f. pada tahun 1869. Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough) adalah tanaman asli Myanmar, Thailand, China, Laos da Vietnam. Di Myanmar, Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough) ditemukan pada ketinggin 610 – 760 meter di pegunungan Arracan yang terletak di bagian barat daya negara dan dekat Ta-ok di daerah Tenasserim. Di Thailand Utara, tanaman ditemukan di dekat Mae Hong Song, Khuntan, Chiengmai, Mae Tun, Lampun, Chiengrai, Doi Phu Ka, Nan Doi Saket, di mana Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough) tumbuh di dataran tinggi pegunungan. Sedangkan di China, Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough) tumbuh di provinsi barat daya Yunnan.

Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough) salah satu anggrek yang bersifat epifit tumbuh berukuran besar, menggumpal, panas sampai dingin. Tinggi dari Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough) bisa mencapai 30 cm, dengan daun beruntai, berikat dan berombak. Daunnya memiliki panjang hingga 30 cm dan lebar 2,5 cm. Daunnya kaku, kasar, bengkok, dan ujungnya terbelah tajam.

Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough) memiliki masa perbungaan mekar di akhir musim dingin dan musim semi di ketiak, tegak, dengan panjang 15 cm dan bunganya 4 hingga 6 kuntum. Bunga dari Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough) membawa bunga lilin yang memiliki aroma vanilla yan kuat di sore hari. Bunganya memiliki warna bervariasi, tetapi biasanya berwarna gading, krem, kuning lemon atau kuning keemasan. Ada juga laporan bentuk kuning – cokelat dan berwarna tembaga. Bunga lilin ini sangat tahan lama dengan ukuran panjang 5 – 6,4 cm dari ujung ke kelopak punggung sampai ujung bibir.



Syarat Tumbuh Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough)

Adapun syarat tumbuh dari Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough) antara lain :

Kelembaban Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough)

Anggrek ini membutuhkan kelembaban 80% - 85% di musim panas, sedangkan di akhir musim dingin dan awal musim semi turun menjadi sekitar 60% - 65%.

Suhu Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough)

Anggrek ini merupakan tumbuhan termofilik. Di musim panas, suhu rata-rata siang hari adalah 27 – 29 derajat celcius, sedangkan di malam hari sekitar 19 – 20 derajat celcius. Pada musim semi, suhu rata-rata siang hari adalah 31 – 32 derajat celcius, sedangkan di malam hari sekitar 17 – 19 derajat celcius. Di musim dingin, suhu rata-rata siang hari sekitar 25 – 28 derajat celcius, sedangkan malam hari 9 – 10 derajat celcius.

Cahaya Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough)

Anggrek ini membutuhkan tingkat pencahayaan 30.000 – 40.000 lux. Tanaman anggrek ini membutuhkan cahaya yang cukup terang dan tersebar, tetapi tidak boleh terkena sinar matahari langsung saat tengah hari. Pergerakan udara yang kuat harus dipastikan sepanjang waktu.

Subtrat dan media tanam Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough)

Anggrek ini biasanya ditanam di pot atau keranjang berlubang yang diisi dengan tanah gembur, berbutir kasar dan cepat mongering. Terkadang anggrek ini hanya ditanam dengan sedikit arang, gabus anggur atau potongan besar kulit kayu sehingga hanya menyimpan pada posisi yang tepat sampa akarnya menempel pada wadah. Pergerakan udara yang terus menerus dan kuat di sekitar akar sangat penting untuk pertumbuhan yang tepat.

Pengairan Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough)

Anggrek ini dibudidayakan harus banyak disiram selama pertumbuhan aktif, tetapi drainase yang baik harus dijamin. Ketika pertumbuhan baru mencapai kematangan pada akhir musim gugur, jumlah air harus dikurangi.


Pemupukan Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough)

Anggrek ini selama pertumbuhan aktif harus dipupuk setiap minggu ¼ - ½ dari dosis pupuk yang dianjurkan untuk anggrek. Dapat juga menggunakan pupuk berkelanjutan sepanjang tahun atau menggunakan pupuk yang diperkaya nitrogen dari musim semi hingga pertengahan musim panas, beralih ke pupuk yang diperkaya fosfor di akhir musim panas dan musim gugur.

Periode istirahat dan repotting Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough)

Anggrek ini di musim dingin membutuhkan lebih sedikit air, tetapi tidak boleh benar-benar kehilangan air untuk waktu yang lebih lama. Secara umum, anggrek ini hanya membutuhkan pengabutan pagi hari setiap beberapa hari, terutama saat kelembaban tinggi. Pemupukan harus dikurangi saat pertumbuhan baru muncul dan penyiraman yang lebih melimpah dimulai.

Sumber referensi https://travaldo.blogspot.com/

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Vanda denisoniana (Vanda Lady Denison Londesborough). Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/