Mengenal Anggrek Vanda foetida

Mengenal Anggrek Vanda foetida

Jelajah Network
Selasa, 15 Desember 2020

 

Anggrek Vanda foetida


Anggrek vanda foetida J.J Sm., berdasarkan deskripsi pertamanya pada tahun 1906, memiliki bunga yang sangat unik dan berwarna putih ungu. Itu digambarkan sebagai  campuran dari Vanda dearie (sepal dan petal terbuka lebar) dan Vanda tricolor (yang memiliki labellum recurve bawah dan lobus tengah). Anggrek vanda foetida memiliki bau bunga yang tidak sedap. Oleh karena itu, anggrek ini dinamai spesies “foetida” yang artinya bau tida sedap. Sejak dideskripsikan pada tahun 1906, anggrek vanda foetida belum terlihat di habitatnya dan koleksi anggrek dunia (Comber, 2001, Hartini & Puspitaningtyas, 2005).

Anggrek vanda foetida populasinya sangat terbatas, hanya dapat ditemukan di Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan. Anggrek spesies ini hanya pada populasi kecil, terfragmentasi dan terisolasi di sisa hutan tropis Sumatera Selatan. Populasinya terfragmentas dan diisolasi oleh perkebunan teh dan kopi. Berdasarkan penelitian ekologi, penurunan populsi tersebut dipercepat oleh deforestasi, fragmentasi habitat dan eksploitasi berlebihan.


Populasi anggrek vanda foetida di Gunung Dempo terancam oleh perkebunan teh, sedangkan di Padiampe anggrek vanda foetida terancam oleh perkebunan kopi karena setiap 25 tahun sekali perkebunan selalu beregenerasi. Berdasarkan wawancara dengan pendudk setempat, anggrek yang tumbuh di pohon kopi sangat terancam karena petani memandang anggrek jenis epifit merupakan tanaman parasite (Metusala et al, 2010)

Klasifikasi Ilmiah Anggrek Vanda foetida

Adapun klasifikasi ilmiah anggrek vanda foetida, antara lain :

Kerajaan                     : Plantae

Divisi                           : Magnoliophyta

Kelas                           : Liliiopsida

Ordo                           : Asparagales

Keluarga                     : Orchidaceae

Subfamily                   : Epidendroideae

Genus                         : Vanda

Spesies                       : Vanda foetida

Nama binomial         : Vanda foetida JJSm


Anggrek vanda foetida perbungaannya pada musim panas dan musim gugur mekar. Anggrek spesies ini membutuhkan 2500 – 3500 tidak menyukai sinar cahaya langsung yang sangat terang dan berlebih. Untuk suhu, anggrek vanda foetida menyukai suhu tingkatnya menengah sampai hangat yaitu sekitar 58 - 88. Anggrek vanda foetida tidak menyukai kelembaban. Untuk penyiramannya dilakukan 3 – 5 seminggu, tunggu sampai media tanam kering sedikit kemudian dilakukan penyiraman.

Sumber referensi :

https://andysorchids.com

https://orchids.fandom.com/wiki/Vanda_foetida

https://www.researchgate.net/publication/293823723_Genetic_Variation_of_Vanda_foetida_JJSm_a_Rare_and_Endemic_Orchid_in_South_Sumatra_Based_on_RAPD_Analysis

Itulah informasi dari kami tentang anggrek vanda foetida. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/