Mengenal Karakteristik Anggrek Vanda sanderiana

Mengenal Karakteristik Anggrek Vanda sanderiana

Jelajah Network
Rabu, 11 November 2020

 



Anggrek Vanda sanderiana

Anggrek Vanda sanderiana merupakan tanaman hias yang banyak diminati dan memiliki nilai estetika serta nilai jual yang tinggi, salah satunya jenis anggrek yang dibudidayakan.

Klasifikasi Anggrek Vanda sanderina

Menurut Darmono (2003), klasifikasi anggrek Vanda sanderina, antara lain sebagai berikut :

Divisi               : Magnoliophyta

Class               : Liiopsida

Ordo               : Asparagales

Familia            : Orchidaceae

Genus             : Vanda

Spesies           : Vanda sanderiana


Karakteristik Anggrek Vanda sanderina

Bunga

Bunga anggrek Vanda sanderina tersusun dalam rangkaian tandan serta terdiri dari sepal (berjumlah tiga), labellum (memiliki tiga taji) dan di bagian tengah terdapat alat reproduksi jantan dan betina. Tandan bunga muncul di setiap ketiak daunnya dengan panjang tandan bisa mencapai 50 cm dan menyangga 10 – 20 kuntum bunga dengan diameter bunga mencapai 10 cm.


Bunga Anggrek Vanda sanderina mempunyai corak yang sangat umum di jumpai yaitu putih keunguan dengan bercak-bercak ungu kemerahan. Bunga Anggrek Vanda sanderina mmpu bertahan hingga 20 – 25 hari dan berbau harum. Aroma harum ini sangat dipengaruhi oleh ketinggian tempat hidupnya.

Bunga Anggrek Vanda sanderina di dataran tinggi aromanya sangat kuat dan semakin turun ke dataran rendah akan semakin berkurang aromanya (Sarwno, 2002; Purwanto dan Semiarti, 2009; Metusala, 2007).

Daun



Daun Anggrek Vanda sanderina berbentuk pita agak melengkung dengan posisi daun yang berhadapan dan lebar kurang lebih 3 cm dengan panjang daun mencapai 45 cm.

Batang

Batang Anggrek Vanda sanderina merupakan tanaman monopodial yaitu anggrek yang memiliki pola tumbh dengan batang utamanya akan terus tumbuh ke atas dan akan memunculkan bunga di ketiak daunnya sebagai cabang samping (Lestari, 2006). Menurut Hendaryono (1998) Anggrek Vanda sanderina memiliki batang yang bundar, panjang, kokoh dan tidak berumbi yang memiliki tinggi mencapai 2 meter.

Buah

Buah Anggrek Vanda sanderina berbentuk kapsular dengan panjang 7  10 cm. Di dalam buah terdapat biji yang berukuran sangat kecil dan halus seperti tepng. Biji anggrek merupakan biji yang tidak sempurna karena tidak memiliki cadangan makanan (endosperm) yang digunakan untuk pertumbuhan embrionya. Dalam berkecambahan biji anggrek secara alami harus dibantu mikoriza agar karbon sebagai sumber makanan dapat tersedia. Secara buatan proses perkecambhan biji anggrek harus menggunakan teknik in vitro (Purwanto dan Semiarti, 2009).

Anggrek Vanda sanderina Tumbuh dengan Baik

Agar Anggrek Vanda sanderina tumbuh dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

Anggrek Vanda sanderina membutuhkan kelembaban udara berkisar antara 65% - 85%, tetapi kelembaban udara yang paling baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek adalah sekitar 70%. Kelembaban udara yang tinggi bukan berarti tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik jika kondisi akarnya terendam air, karena pada kondisi terendam air tanaman anggrek justru akan mudah terserang penyakit, seperti penyakit busuk daun dan busuk tunas (Pernata, 2005)

Tanaman Anggrek Vanda sanderina tidak membutuhkan air yang terlalu banyak, namun juga tidak terlalu sedikit. Anggrek Vanda sanderina sifatnya epifit tidak membutuhkan air yang banyak (Prabowo dan Kartohadiprodjo, 2009). Juga penyiraman yang terlalu berlebihan akan menyebabkan daunnya menguning dan busuk (Agung, 2006).

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Vanda sanderina. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/