Anggrek Vanda Biru

Anggrek Vanda Biru

Jelajah Network
Selasa, 10 November 2020

 



Anggrek Vanda coerulea

Anggrek Vanda coerulea merupakan salah satu spesies dalam genus Vanda. Anggrek Vanda coerulea atau Blue Vanda (Vanda Biru) ditemukan pada tahun 1837 di Gordonia dan di Perbukitan Khasia di eastern India dan dideskripsikan pada tahun 1847 oleh William Griffith. Anggrek Vanda coerulea merupakan salah satu jenis anggrek epifit yang hidupnya menempel dengan pertumbuhan monopodial, batangnya tunggal dengan daun seperti tali diurutkan di sepanjang sisi. Spesies Anggrek Vanda coerulea ini didistribusikan secara luas dari Assam India, Yunnan dan Guizhou di China, negara bagian Shan di Myanmar dan dari utara ke barat Thailand. Anggrek Vanda coerulea bisa ditanam di udara terbuka tegak ringan sedang hingga dengan tinggi 30 – 50 cm panjangnya.

Anggrek Vanda coerulea memiliki perbungaan berwarna keanggunan biru. Spesies Anggrek Vanda coerulea terkenal dan menjadi symbol Thailand, karena Anggrek Vanda coerulea memiliki bunga yang besar dan megah dengan warna biru keunguan. Spesies Anggrek Vanda coerulea mendapat kehormatan dari Amerian Orchid Society 39 kali. Spesies Anggrek Vanda coerulea telah digunakan sebagai stok induk untuk hibrida baru lebih dari 4000 hibrida. Spesies Anggrek Vanda coerulea hibrida yang terkenal adalah Vanda Rothscildiana.

Klasifikasi ilmiah dari Anggrek Vanda coerulea, antara lain sebagai berikut :

Domain           : Eukaryota

Kerajaan         : Plantae

Clade               : Tracheophytes

Clade               : Angiospermae

Clade               : Monokotil

Memesan        : Asparagales

Keluarga         : Orchidaceae

Subfamily       : Epidendroideae

Marga             : Vanda

Jenis                : Vanda coerulea


Anggrek Vanda coerulea perbuangaannya mekar di musim gugur hingga musim dingin dengan lebar bunga 10 cm yang harum dan tahan lama. Anggrek Vanda coerulea merupakan satu – satunya anggrek yang memiliki berwarna biru sejati yang menanggung 20 hingga 30 paku.

Spesies Anggrek Vanda coerulea merupakan tanaman paling baik ditanam digantung di keranjang dan dipasang yang membutuhkan sinar matahari yang terang hingga penuh. Anggrek Vanda coerulea membutuhkan suhu sejuk hingga hangat. Jika digantung, akarnya harus sering disiram.

Tanaman Anggrek Vanda coerulea sebaiknya ditanam pada media yang memiliki drainase yang baik seperti serat pakis pohon (untuk tanaman kecil), beberapa lembar kulit kayu cemara yang kasar, atau sphagnum moss.


Tanaman Anggrek Vanda coerulea, jus bunganya dapat digunakan sebagai obat tetes mata untuk melawan glaucoma, katarak dan kebutaan. Bahan aktif dari Anggrek Vanda coerulea dapat melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Itulah informasi dari kami tentang anggrek Vanda coerulea. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. 

Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/