Anggrek Cattleya guttata

Anggrek Cattleya guttata

Jelajah Network
Selasa, 05 Januari 2021

 Anggrek Cattleya guttata




Klasifikasi Ilmiah Anggrek Cattleya guttata

Adapun klasifikasi ilmiah anggrek cattleya guttata antara lain :

Kerajaan         : Plantae

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Liliopsida

Pesan              : Asparagales

Keluarga         : Orchidaceae

Subfamily       : Epidendroideae

Suku                : Epidendreae

Berlangganan : Laeliinae

Genus             : Cattleya

Spesies           : Cattleya guttata

Nama binomial         : Cattleya guttata Lindley 1832

 


Sinonim Anggrek Cattleya guttata

Adapun sinonim Anggrek Cattleya guttata antara lain :

  • Cattleya elatior Lindley 1831
  • Cattleya elatior Lindl 1833
  • Cattleya granulosa Lindley var. russeliana Lindley
  • Cattleya guttata var. caerulea LCMenezes 1993
  • Cattleya guttata var. elatior (Lindl.) Fowlie 1977
  • Cattleya guttata var. immaculate Rchb.f. 1886
  • Cattleya guttata var. leopardine Linden & Rodigas 1885
  • Cattleya guttata var. purpurea Cogn. 1990
  • Cattleya guttata var. williamsiana Rchb.f. 1884
  • Cattleya guttata Lindley
  • Cattleya leopoldii subsp. Pernambucensis Brieger di
  • Cattleya leopoldii var. immaculata (Rchb.f.) Fowlie 1977
  • Cattleya sororia Rchb.f. 1888
  • Cattleya sphenophora Morr. 1848
  • Cattleya tigrina A. Rich 1848
  • Cattleya tigrina var. caerulea LCMenezes 1993
  • Cattleya tigrina var. immaculate (Rchb.f.) Braem 1984
  • Cattleya tigrina var. leopardine (Linden & Rodigas) Braem 1984
  • Cattleya tigrina var. purpurea (Cogn.) Braem 1984
  • Cattleya tigrina var. williamsiana (rchb.f.) Barem 1984
  • Epidendrum elatius Rchb.f. 1862
  • Epidendrum elegans Vell. 1825 [1790]

 

Anggrek Cattleya guttata juga disebut sebagai Spotted Cattleya. Anggrek Cattleya guttata merupakan tanaman bersifat epifit atau litofit yang tumbuh sedang, sejuk hingga hangat dari Sao Paulo ke Negara Bagian Espirito Santo, dekat pantai atau di sepanjang sungai di pedalaman (terutama di Negara Bagian Espirito Santo). Anggrek Cattleya guttata ini umumnya ditemukan tumbuh di hutan rawa di belakang bukit pasir dekat pantai pesisir dengan pseudobulb berbentuk silinder dan memanjang membawa 2 daun apical, menyebar, dan lonjong-lonjong.



Anggrek Cattleya guttata perbungaannya muncul pada pseudobulb yang matang sepenuhnya pada musim gugur dan musin dingin. Perbungaannya memiliki panjang sekitar 45 cm yang ditunjang oleh selubung kering yang lebar dan menimbulkan bunga bertekstur berat seperti lilin dan memiliki aroma harum. Warna bunga Anggrek Cattleya guttata bervariasi dari kuning kehijauan hingga coklat dan biasanya hampir memimiliki bercak cokelat pada ruasnya.Bibir bunga Anggrek Cattleya guttata berwarna lavender dengan lobus sampin putih hingga lavender.

 Bunga Anggrek Cattleya guttata bisa bertahan lama dan memiliki umur panjang. Dalam beberapa kasus, lebih dari 40 bunga telah mekar pada satu duri. Spesises Anggrek Cattleya guttata ini membutuhkan istirahat musim dingin yang berbeda yang pada gilirannya akan menghasilkan mekar. Ada beberapa kebingungan tentang spesies ini dan cattleya leopoldii. Anggrek Cattleya guttata berkerabat dekat dengan cattleya leopoldii. Namun dapat dibedakan dari bunganya yang lebih kecil dengan bibir yang sempit dan kecil. Tanaman cattleya leopoldii biasanya berukuran setengah dari ukuran Anggrek Cattleya guttata dan menghasilkan sedikit bunga.

Syarat Tumbuh Anggrek Cattleya guttata

Adapun syarat tumbuh Anggrek Cattleya guttata antara lain :

Cahaya

Anggrek Cattleya guttata lebih menyukai 30% - 50% cahaya alami atau sekitar 2000 – 4000 foot candle. Spesies ini membutuhkan cahaya tetapi tidak langsung. Terpal plastic sangat bagus untuk tumbuh Anggrek Cattleya guttata ini. Jika anggrek ini ditanam di atas atap, cakupan cahaya terbaik adalah 60% atau 40% cahaya.

Anggrek Cattleya guttata jika terlalu banyak cahaya menyebabkan daun menguning dan mematikan bibit, sedangkan kekurangan cahaya akan memperlambat tanaman. Daun hijau tua kurang cahaya dan itulah sebabnya tanaman sulit menghasilkan bunga. Jika daunnya berwarna hijua sedang atau hijau kekuningan, Anggrek Cattleya guttata lebih mudah berbung dan bunganya lebih gelap.

Kelembaban

Anggrek Cattleya guttata membutuhkan kelembaban 35% - 60% pada siang hari, sedangkan pada malam hari 60% - 80%. Dengan kelembaban tinggi, daun dan akar menyerap air di udara yang membantu anggrek tumbuh dan memberi bunga lebih tahan lama, sekaligus membantu mengurangi kuncup bunga di musim panas dan kemarau.



Suhu

Anggrek Cattleya guttata membutuhkan suhu pada siang hari sekitar 21,1 – 29,4 derajat celcius, sedangkan pada malam hari sekitar 22,8 derajat celcius. Suhu  antara siang dan malam harus 8 – 11 derajat celcius untuk mekar baru.

Pengairan

Anggrek Cattleya guttata perlu disiram kira-kira sekali semnggu dan mengurangi penyiraman selama musim dingin. Jika pengairan terus menerus dilakukan, akarnya akan membusuk dan tanaman akan mati. Jika dan dan umbi tebal, cukup air, jika keriput kuran air.

Pemupukan

Anggrek Cattleya guttata membutuhkan lebih banyak cahaya sehingga membutuhkan lebih banyak pupuk dibandingkan Paphiopedilum dan Phalaenopsis. Pupuk dianjurkan menggunakan 20 – 20 – 20 atau 20 – 10 – 20 untuk mengairi sepanjang tahun. Dapat juga menggunakan 10 – 30 -30 di musim berbunga. Saat pemupukan, harus mencampurkan ¼ atau ½ sendok teh ke dalam 1 galon air untuk mengairi setiap minggu. Jika ujun daunnya hitam gosong, artinya terlalu banyak pupuk. Sebaiknya hanya disiram selama 2 minggu kemudian dilakukan pemupukan kembali.

Penggatian pot

Anggrek Cattleya guttata lebih menyukai tumbuh di kulit kayu atau lumut. Penggantian pot dilakukan  di musim panas saat bunga dan akar mulai tumbuh. Sebaiknya mengganti pot setahun sekali karena kulit kayunya akan menyebabkan busuk akar. Sebelum mengganti pot, terlebih dahulu merendam kulit kayu dan serpihan kelapa selama 2 hari untuk menghilangkan getah di kulit kayu. Kemudian rendam dengan pupuk, nacosan atau physan 20 untuk desinfeksi dan B1 untuk membantu akar lebih cepat sembuh.

Sumber referensi : https://travaldo.blogspot.com/

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Cattleya guttata. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjugi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/