Anggrek Serat dan Berbagai Manfaatnya

Anggrek Serat dan Berbagai Manfaatnya

Jelajah Network
Kamis, 01 Oktober 2020

 

Anggrek serat merupakan jenis tanaman epifit yang hidupnya menempel pad batang-batang pohon yang tua. Sosok anggrek serat secara keseluruhan cukup unik jika dibandingkan sosok anggrek biasanya. Akarnya membentuk rhizome yang tumbuh merambat dan membentuk soret seperti paku sarang burung. Bentuk umbi semuanya kecil, langsing, agak pipih, dan mengeras. Umbi semu ini tumbuh memanjang secara mencolok dan menyempit pad ujungnya, berwarna hijau kekuningan dan mengkilat. Pada ujung umbi semuanya terdapat sehelai daun yang berwarna hijau, berbentuk lanset dan berukuran kecil. Tangkai perbungaannya akan muncul dari lipatan daunnya. Bagian perhiasan bunganya yang terdiri dari mahkota dan kelopak bunga berwarna kuning dan bentuknya menyempit.

Anggrek serat memiliki nama ilmiah yaitu Dendrobium Utile. Anggrek serat secara alami tumbuh dan tersebar di daerah pedalaman di Sulawesi termasuk diantaranya wilayah Propinsi Sulawesi Tenggara. Penamaan anggrek serat ini dikarenakan umbi semuanya yang mengandung serat. Umbi semua nggrek serat mengandung serat-serat sklerenkim yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan terutama untuk barabg-barang anyaman. Untuk mendapatkan seratnya, umbi semu dibelah secara memanjang dan dipipihkan. Setelah kering akan terbentuk bahan anyaman yang halus, mengkilat dan berwarna kuning keemasan.

Secara keseluruhan, sosok tanaman anggrek serat cukup memikat sebagai tanaman hias yang dipelihara dalam pot-pot. Daya tariknya semakin bertambah karena penampilan umbi semuanya yang mengkilat. Akan tetapi, anggrek serat banyak diminati bukan karena keelokan bunganya seperti halnya anggrek-anggrek lainnya, melainkan karena pemanfaatan umbi semuanya.

Dengan melihat potensinya, sudah selayaknya jika budidaya anggrek serat lebih digalakkan. Secara alamiah anggrek serat dapat berkembang biak dengan biji. Akan tetapi seperti jenis anggrek yang lain, anggrek serat ini juga dapat diperbanyak dengan membelah-belah rumpunnya. Dengan penyediaan bibit melalui kultur jaringan diharapkan pembudidayaan anggrek serat dapat dilakukan dalam skala luas.

Manfaat Serat Batang Anggrek

Adapun beberapa manfaat serat batang anggrek yang dapat dijadikan sebagai usaha, antara lain sebagai berikut :



  • Dijadikan sebagai tas tangan

Biasanya kelompok orang tertentu akan membutuhkan tas tangan keika mereka menghadiri acara-acara tertentu. Serat batang anggrek dimanfaatkan untuk membuat anyaman tas tangan yang berkualitas serta memiliki daya saing yang tinggi.

  • Dijadikan sebagai tempat pensil

Anyaman yang dapat dihaslkan dari manfaat serat batang anggrek adalah membuat tempat pensil. Membuat tempat pensil dari serat anggrek merupakan tindakan keatif dan dapat mendukung indvidu menjadi lebih inovatif.

  • Dijadikan sebagai kotak perhiasan

Memanfaatkan serat anggrek membuat kotak perhiasan yang antic dan unik. Kotak perhiasan ini sangat dibutuhkan oleh kaum hawa untuk menyimpan perhiasannya agar tidak tercecer dan hilang.

  • Dijadikan sebagai tempat tisu

Biasanya tempat tisu hanya dibuat dengan menggunakan kain saa. Namun, dengan memnfaatkan serat batang anggrek dapat memiliki peluang usaha. Sebab tempat tisu dari anyaman lebih menarik perhatian karena berbeda dari yang lain.

  • Dijadikan sebagai tas

Serat batang anggrek dapat dijadikan sebagai tas atau lebih spesifik digunakan untuk membuat anyaman tas. Bentuknya sangat unik sehingga akan percaya diri jika menggunakannya.

  • Dijadikan sebagai gelang

Manfaat serat batang anggrek dpapat dijadikan anggrek. Biasanya dibuat berbagai macam gelang yang kini sudah banyak dijual di berbagai tempat.

 

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Serat dan Berbagai Manfaatnya. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/