Anggrek Phalaenopsis sturtiana

Anggrek Phalaenopsis sturtiana

Jelajah Network
Sabtu, 02 Januari 2021

 Anggrek Phalaenopsis sturtiana



Klasifikasi Ilmiah Anggrek Phalaenopsis sturtiana

Klasifikasi Ilmiah Anggrek Phalaenopsis sturtiana antara lain :

Kingdom         : Plantae

Clade               : Tracheophytes

Clade               : Angiosperms

Clade               : Monocots

Clade               : Asparagales

Family             : Orchidaceae

Subfamily       : Epidendroideae

Gnenus           : Phalaenopsis

Species           : Phalaenopsis stuartiana

Nama binomial         : Phalaenopsis stuartiana Rchb.f.

Sinonim Anggrek Phalaenopsis sturtiana

Adapun nama sinonim Anggrek Phalaenopsis sturtiana antara lain :

  • Phalaenopsis sturtiana var. nobilis Rchb.f.
  • Phalaenopsis sturtiana var. punctatissima Rhb.f.
  • Phalaenopsis sturtiana var . bella Rchb.f.
  • Phalaenopsis sturtiana f. nobilis (Rchb.f.) Christenson
  • Phalaenopsis sturtiana f. punctatissima (Rchb.f.) Christenson
  • Phalaenopsis schilleriana Subvar. Vestalis
  • Phalaenopsis schilleriana var. vestalis
  • Phalaenopsis schilleriana var. alba

 

Anggrek Phalaenopsis sturtiana dideskripsikan pertama kali oleh Heinrich Gustav Reichenbach pada tahun 1881. Anggrek Phalaenopsis sturtiana berasal dari Filiphina terdapat di utara dan timur laut Mindanao dekat Danau Maynit di Provinsi Agusan dan Surigao dan lembah di Talacogon dan Agusan. Anggrek Phalaenopsis sturtiana biasanya ditemukan di dekat air, cukup dekat dengan laut yang mencapai cipratan garam. Ketinggian habitat alami bervariasi dari 0 hingga 1.500 meter.



Anggrek Phalaenopsis sturtiana merupakan spesies anggrek epifit yang menempel pada pohon berukuran sedang, tumbuh panas dengan batang pendek diselimuti oleh pangkal daun imbricating, melengkung seperti liontin, elips-lonjong, berdaging dan daun tumpul. Daun Anggrek Phalaenopsis sturtiana memiliki panjang 30 cm – 46 cm bertekstur lembut. Di sisi atas berwarna abu-abu perak dan di bagian bawah berwarna merah tua.

Percabangan Anggrek Phalaenopsis sturtiana terjadi saat musim dingin dan musim semi sepanjang 90 cm, melengkung ke bunga gantung dengan daun bunga yang dapat menghasilkan 100 bunga yang memiliki aroma sangat harum. Bunga Anggrek Phalaenopsis sturtiana biasanya memiliki ukuran dengan diameter 5 cm – 10 cm tetapi ukurannya bervariasi. Bunga Anggrek Phalaenopsis sturtiana berwarna putih hingga krem dengan bibir bawah berwarna kuning belerang. Paruh bawah lingkaran dalam dan kelopak bunga terompet memiliki bitnik-bintik ungu. Perbungaan Anggrek Phalaenopsis sturtiana tahan lama yang memiliki kelopak lebar di lingkaran dalam dengan struktur yang halus.




Syarat Tumbuh Anggrek Phalaenopsis sturtiana

Suhu

Anggrek Phalaenopsis sturtiana dapat tumbuh pada suhu rata-rata saat siang hari musim panas adalah 29 – 30 derajat celcius, sedangkan malam hari sekitar 21 – 23 derajat celcius. Suhu rata-rata musim dingin saat siang hari sekitar 27 – 29 derajat celcius, sedangkan malam hari 21 – 22 derajat celcius.

Kelembaban

Anggrek Phalaenopsis sturtiana membutuhkan kelembaban rata-rata 80% - 90% sepanjang tahun. Dalam kondisi kelembaban tinggi, diperlukan ventilasi ruangan tempat tanaman Anggrek Phalaenopsis sturtiana disimpan secara teratur kaena udara lembab dan pengap adalah media yang ideal utnuk reproduksi berbagai penyakit seperti bakteri dan jamur.

Cahaya

Anggrek Phalaenopsis sturtiana membutuhkan tingkat cahaya 10.000 – 12.000 lux. Sinar matahari langsung yang terik akan merusak daun-daun anggrek yang berbintik-bintik indah, warnanya menjadi kekuningan dan sering terbakar parah.

Pupuk

Anggrek Phalaenopsis sturtiana diberi pemupukan ¼ - ½ dilakukan setiap mingg atau setiap 2 minggu sekali pada musim tanam. Pupuk terbaik adalah pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor dan kalium dalam porsi yang sama, missal NPK = 3-3-3 atau 8-8-8. Apabila tidak memiliki pupuk tersebut, maka pada awal musim tanam, beri Anggrek Phalaenopsis sturtiana makan dengan kandungan nitrogen tinggi. Selanjutnya setelah 50 – 60 hari diberi pupuk dengan kandungan fosfor yang lebih tinggi.

Pengairan

Anggrek Phalaenopsis sturtiana terkait frekuensi dan kelimpahan anggrek spesies ini secara langsung tergantung pada intensits cahaya dan suhu kandungan secara keseluruhan. Semakin tinggi Anggrek Phalaenopsis sturtiana, maka semakin sering diperlukan penyiraman. Untuk pengairan Anggrek Phalaenopsis sturtiana dianjurkan untuk menggunakan air hangat.

Subtrat, media tanam, dan repotting

Anggrek Phalaenopsis sturtiana dapat tumbuh dalam pot dengn granulasi kulit kayu 12 – 16 mm dengan penahan kelembaban atau spaghnum dengan tambahan perlit atau arang untuk drainase yang lebih baik sebagai subtrat. Untuk repotting (penggantian pot) jangan sampai merusak akar ,lebih baik dilakukan setelah berbunga, ketika akar baru aktit tumbuh.

Sumber referensi https://travaldo.blogspot.com/

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Phalaenopsis sturtiana. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/