Mengenal Dendrobium Secundum (Anggrek Sikat)

Mengenal Dendrobium Secundum (Anggrek Sikat)

Jelajah Network
Jumat, 06 November 2020

 


Dendrobium secundum (anggrek sikat)

Bunga anggrek dendrobium secundum dikatakan mirip dengan sikat sehingga banyak orang menyebut anggrek ini dengan nama anggrek Sikat. Dendrobium secundum merupakan anggrek spesies yang banyak menempati hutan-hutan di Indonesia. Dalam klasifikasi anggrek dendrobium secundum termasuk dalam section Pedilonum. Dendrobium secundum (anggrek sikat) penyebarannya meliputi pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan juga negra-negara lain seperti Malaysia, Filiphina, Thailand, Pulau Andaman dan Indo-China. Dendrobium secundum (anggrek sikat) pertumbuhannya di temperature daerah hangat hingga panas dengan suhu udara berkisar antara 27 – 29 derajat Celcius yang dapat dijumpai pada ketinggian 290 mdpl.

Klasifikasi ilmiah dendrobium secundum (anggrek sikat), antara lain sebagai berikut :

Domain           : Eukaryota

Kerajaan         : Plantae

Clade               : Angiospermae

Clade               : Monokotil

Memesan       : Asparagales

Keluarga         : Orchidaceae

Subfamily       : Epidendroideae

Suku                : Dendroideae

Marga             : Dendrobium

Jenis                : Dendrobium secundum


Sinonim dari dendrobium secundum (anggrek sikat), antara lain sebagai berikut :

  • Pedilonum secundum Blume
  • Dendrobium bursigerum Lindl.
  • Dendrobium heterostigm Rchb.f.
  • Dendrobium secundum var. niveum rchb.f.
  • Callista burigera (Lindl.) Kuntze
  • Callista secunda (Blume) Kuntze
  • Dendrobium secundum f. album Valmayor & D. Tiu
  • Pedilonum bursigerum (Lindl.) Rauschert


Karakteristik dendrobium secundum (anggrek sikat), antara lain sebagai berikut :

Bunga

Bentuk bunga dendrobium secundum (anggrek sikat) sedikit berbeda dengan kebanyakan bunga anggrek. Bentuk bunga dendrobium secundum (anggrek sikat) menyerupai sikat yang membuat tampilan anggrek ini terlihat sangat cantik dan eksotis. Dendrobium secundum (anggrek sikat) memiliki dua warn bunga yaitu merah dan putih (secundum alba).

Dendrobium secundum (anggrek sikat) memiliki ukuran bunga dengan panjang sekitar 1,8 cm dan lebar 06 cm. Sepal tengah memiliki ukuran dengan panjangnya hanya 7 mm dan lebar sekitar 4 mm. Petal dendrobium secundum (anggrek sikat) berukuran sempit dan bibir seperti taji membentuk huruf V.

Dendrobium secundum (anggrek sikat) mempunyai bunga yang kecil yang sangat rapat letaknya. Kedudukan kuntum-kuntum bunganya selalu menghadap ke satu arah karena it disebut anggrek sikat gigi.

Batang

Batang dendrobium secundum (anggrek sikat) merupakan batang sympodial yang memiliki ukuran sebesar ibu jari dan memanjang. Tangkai bunganya muncul di ujung batang, di buku yang paling atas. Tangkai bunga dendrobium secundum (anggrek sikat) ini muncul pada batang yang sudah gundul, yang daunnya sudah rontok.

Keanehan dari dendrobium secundum (anggrek sikat) adalah antara karangan bunga dengan batang tidak seimbang. Tangkai bunga dendrobium secundum (anggrek sikat) yang pendek sekitar 10 cm dengan batang yang panjangnya bisa mencapai 1 meter.

Dendrobium secundum (anggrek sikat) merupakan anggrek epifit pseudobulb yang hidup liar di lebih banyak daerah tropis, dan waktu berbunga mungkin berbeda tergantung pada suhu, air, matahari atau naungan dan iklim.

Dendrobium secundum (anggrek sikat) memerlukan temperature agak tinggi, kelembaban, luminositas dan penyiramansecara teratur pada masa vegetative. Dalam hal penanaman pada media pot jika media sudah kering maka harus diberi air lagi. Dendrobium secundum (anggrek sikat) memerlukan sirkulasi udara yang baik dan konstan. Pemberian pupuk bisa dilakukan seperti anggrek jenis yang lain, satu minggu sekali melalui semprot daun, batang, dan akar.

Itulah informasi dari kami tentang Dendrobium secundum (anggrek sikat). Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/