Mengenal Dendrobium anosmum (Anggrek Dupa) Beraroma Harum

Mengenal Dendrobium anosmum (Anggrek Dupa) Beraroma Harum

Jelajah Network
Jumat, 06 November 2020

 


Dendrobium anosmum (Anggrek Dupa)

Dendrobium anosmum ditinjau dari nama jenisnya “anosmum” bahasa Latin yang memiliki arti harum. Menunjukkan bahwa anggrek ini memiliki bunga yang beraroma harum. Dendrobium anosmum tersebar luas di beberapa negara, antara lain India, Vietnam, Laos, Semenanjung Malaya, Indochina, Filiphina, Indonesia, dan Papua Nugini. Di Indonesia sendiri koleksi anggrek Dendrobium anosmum terdapat di Kebun Raya Purwodadi yaitu Papua, Maluku, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan Kalimantan Timur, dan Jawa Timur. Dendrobium anosmum merupakan anggrek epifit yang ada di hutan-hutan yang memiliki iklim sedang higga panas.

Dendrobium anosmum dikenal dengan nama anggrek dupa karena memiliki wangi yang harum sekali seperti aroma dupa. Dendrobium anosmum memiliki beberapa varietas (var) dan sinonim yang diantaranya dendrobium var superbum, dendrobium superbum var dearie, dendrobium superbum var huttonii, dan dendrobium anosmum var album. Hampir semua jenis dendrobium anosmum memiliki kemiripan sifat dan bentuk kecuali var album yang keseluruhan bunganya berwarna putih. Sedangkan anosmum var superbum merupakan salah satu jenis yang memiliki banyak peminat karena bunganya lebih besar dan beraroma lebih kuat.

Klasifikasi ilmiah dendroium anosmum, antara lain :

Kingdom         : Plantae

Division          : Magnoliphyta

Class               : Liliopsida

Order              : Asparagales

Family             : Orchidaceae

Subfamily       : Epidendroideae

Tribe               : Dendrobieae

Subtribe         : Dendrobiinae

Genus             : Dendrobium

Species           : Dendrobium anosmum

Karakterisitik dendrobim anosmum, antara lain :


Bunga

Bunga dendrobium anosmum (anggrek dupa) muncul di bagian atas umbi semua (batang) terutama setelah mengalami gugur daun. Bunga dengan ukuran diameter mekar bunga 8 – 10 cm. Kelopak dan mahkota berwarna putih, ungu, lembayung dan bibir bagian dalam ungu tua. Lip membentuk corong dengan warna lebih gelap di bagian dalam. Bunganya tersusun dalam tandan dengan kuntum bunga mencapai puluhan dan menjuntai ke bawah. Masa mekar bunga sekitar 5 – 7 hari dengan aroma bunganya. Dendrobium anosmum dalam perbungaan pada umumnya pada bulan September.

Batang

Batang atau pseudobulb memiliki bentuk langsing dengan diameter sekitar 3 cm. Pertama kali pertumbuhnnya ke atas, tapi lama-kelamaan akan menggantung hingga panjang 2 meter. Anggrek dupa (dendrobium anosmum) terlihat tidak memiliki tangkai bunga karena ukurannya yang sangat pendek. Tangkai bunga tersebut tumbuh merata pada buku-buku batang (bulb) yang sudah gundul. Pada setiap buku akan tumbuh bunga 3 hingga 4 kuntum. Ukuran batang (bulb) yang sangat panjang maka penanaman anggrek dupa (dendrobium anosmum) ideal jika digantung di ketinggian sekiat 3 meter.

Daun

Daun anggrek dupa (dendrobium anosmum) memiliki daun tipis berbentuk elips dengan diameter kurang lebih 10 x 3,7 cm pada tanaman anggrek dewasa. Pertumbuhan daun menyebar dengan ruas kurang lebih 2,5 cm.

Daun anggrek dupa (dendrobium anosmum) memiliki warna hijau muda dan mudah gugur atau rontok. Sama halnya dengan tipe gugur lainnya, spesies anggrek dupa (dendrobium anosmum) memiliki masa istirahat, meluruhkan daun-daunnya pada musim kering atau kemarau.

Umumnya, adaptasi anggrek dupa (dendrobium anosmum) terhadap lingkungannya hampir sama dengan angrek merpati yaitu tahan kekeringan dan intensitas cahaya tinggi. Pembudidayaan anggrek dupa (dendrobium anosmum) bisa dilakukan secara tradisional dengan teknik splitting atau memisah keiki yang sudah besar. Tanaman anggrek dupa (dendrobium anosmum) idealnya di tanam menggantung baik di pot maupun media lainnya sepeti pohon hidup, kayu yang hampir lapuk, dan lainnya.

Itulah informasi dari kami tentang Dendrobium anosmum (Anggrek Dupa). Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/