Mengenal Anggrek Dendrobium stratiotes

Mengenal Anggrek Dendrobium stratiotes

Jelajah Network
Rabu, 11 November 2020

 


Anggrek Dendrobium stratiotes

Anggrek Dendrobium stratiotes dideskripsikan oleh H.G. Reichenbach dalam majalah Gardener Chronicle pada tahun 1886. Nama Anggrek Dendrobium stratiotes digambarkan sebagai sekelompok batang atau rumpun yang berdiri tegak termasuk petal bunganya yang menyerupai barisan serdadu dengan bayonetnya.

Anggrek Dendrobium stratiotes tersebar di beberapa daerah dari bagian utara kepulauan Halmahera sampai ke Papua New Guinea. Anggrek Dendrobium stratiotes pada bulan April 2004 telah terdaftar hybridanya di The Royal Horticultural Society London sebanyak 2.653 hybrida dalam 9 generasi Dendrobium.

Anggrek Dendrobium stratiotes merupakan salah satu jenis anggrek alam yang memiiki ciri bunga unik dan banyak diminati masyarakat. Namun kelestariannya terancam punah apabila perdagangan terus berlanjut tanpa ada regulasi yang baik.

Anggrek Dendrobium stratiotes juga dijadikan sebagai salah satu induk dalam persilangan, sehingga perlu dilakukan konservasi untuk mempertahankan plasma nutfahnya. Perkembanganbiakan Anggrek Dendrobium stratiotes Rchb.f. secara alami membutuhkan waktu yang cukup lama kisaran 2 – 3 tahun. Oleh karena itu maka diperlukan upaya perbanyakan yang efektif dan efisien.

 Sinonim Anggrek Dendrobium stratiotes, antara lain :

Callista stratiotes (Rchb.f.) Kuntze 1891

Ceratobium stratiotes (Rchb.f.) M.A.Clem. & D.L.Jones 2002

Dendrobium strebloceras Rchb.f 1886 var rossianum

Klasifikasi Anggrek Dendrobium stratiotes, antara lain :

Kingdom         : Plantae

Division          : Magnoliophyta

Class               : Liliopsida

Order              : Asparagales

Family             : Orchidaceae

Subfamily       : Epidendroideae

Tribe               : Dendrobieae

Subtribe         : Dendrobiinae

Genus             : Dendrobium

Spesies           : Dendrobium stratiotes


Karakteristik Anggrek Dendrobium stratiotes

Tanaman Anggrek Dendrobium stratiotes merupakan salah satu antelope Dendrobium yang atraktif. Spesies Anggrek Dendrobium stratiotes ini berasal dari tanaman yang ada di sisi Irian Jaya, menggantung tepat di atas perairan yang ada di Papua Nugini.

Anggrek Dendrobium stratiotes memiliki bunga dengan ujung yang pendek yakni panjangnya sekitar 10 cm memiliki batang aktif yang relative kecil yang mmbawa tujuh sampai sepuluh bunga. Sepal berwarna putih, melengkung ke belakang dengan sisi yang agak bergelombang.  

Petal Anggrek Dendrobium stratiotes tegak kaku, melengkung, sangat sempit, berwarna hijau terang dan panjangnya dapat mencapai 8 cm. Anggrek Dendrobium stratiotes memiliki labellum yang besar memiliki warna putih. Sisi lobe nya berwarna ungu, lobe tengahnya berbentuk bulat, dan lagi-lagi bercampuran dengan warna ungu (Miller, 1999).

 

 

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Dendrobium stratiotes. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/