Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi)

Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi)

Jelajah Network
Rabu, 30 Desember 2020

Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi)



Klasifikasi ilmiah Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi)

Kingdom         : Plantae

Subkingdom  : Tracheobionta

Super divisi    : Spermatophyta

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Liliopsida

Sub kelas        : Liliidae

Ordo               : Orchidales

Family             : Orchidaceae

Genus             : Dendrobium

Spesies            : Dendrobium lasianthera

Sinonim Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi)

Adapun nama sinonim Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi) antara lain :

  • Dendrobium ostrinoglossum Rupp.  1953
  • Dendrobium struberi Hort., Stuber ex Zurrow 1934
  • Durabaculum lasiantherum (J.J Sm.) M.A. Clem . & D.L. Jones 2002

Kerabat Dekat Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi)

  • Anggrek Merpati
  • Anggrek Albert
  • Anggrek Larat
  • Anggrek Kelembai
  • Anggrek Jamrud



Anggrek Dendrobium lasianthera merupakan salah satu anggrek yang hidup di Papua dan Papua New Guine. Di Indonesia dikenal sebagai anggrek struberi, strawberry atau stroberi. Dalam bahasa Inggris biasa anggrek ini dikenal sebagai Wooly Pollina Dendrobium, atau dengan nama varietasnya semisal May River Red dan Sepik Blue.

Anggrek Dendrobium lasianthera termasuk jenis tanaman epifit yang tumbuh di daerah lembab dan membutuhkan banyak cahaya. Di alam liar biasa ditemukan hidup di sekitar daerah aliran sungai, rawa-rawa dan hutan di dataran rendah Papua.

Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi) ini dikategorikan sebagai tanaman yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999. Sehingga tanaman berfamili Orchidaceae ini tidak diperbolehkan diperjualbelikan kecuali untuk generasi ketiga. Generasi ketiga adalah tumbuhan hasil penangkaran yang telah mendapatkan izin dari pihak yang berwenang, biasanya BKSD.



Karakteristik Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi)

Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi) memiliki karakteristik antara lain :

Bunga Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi)

Ukuran tanaman anggrek Dendobium lasianthera cukup besar, bisa mencapai lebih dari 1 meter. Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi) memiliki bunga yang indah. Dalam satu tendon bunga bisa muncul antara 10 – 30 kuntum bunga. Jenis Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi) dikategorikan dalam section spatulata yang memiliki ciri-ciri bunga berbentuk keriting. Warna bunganya pun sangat bervariasi mulai dari merah, putih, biru dan kekuningan dengan gradasi indah.

Masing-masing varietas Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi) memiliki gradasi warna yang berbeda. Pada varietas May River Red memiliki warna kuning kecoklatan pada dasar bunga dengan semburat warna merah tua ditengahnya serta warna kuning tipis pada tepi kuntumnya. Pada varietas Sepik Blue dengan warna putih dan merah kecoklatan pada bagian tengah dengan labellum berwarna ungu kebiruan. Untuk varietas Veronica Somare memiliki warna putih pada bagian tengahnya yang bergradasi warna kuning dan ungu kemerahan pada ujungnya.

Batang dan Daun Jenis Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi)

Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi) ketika berusia dewasa atau tua. Pada umumnya Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi) memiliki tinggi sekitar 2 – 3 meter. Batangnya berbentuk ramping dan tidak menggembung pada bagian tengah. Pada bagian pangkal sampai ujung batang sangat ramping, tidak ada cembung seperti jenis Dendrobium lainnya.

Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi) dillihat dari batang dapat diketahui apakah tanaman normal dan sehat. Apabila ketika tumbuh remaja berwarna kehijauan dengan daun hijau mengkilat. Dapat pula menjadi pertanda bahwa tanaman jenis ini bunganya akan meka sempurna.

Adaptasi Dengan Lingkungan Hangat

Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi) memiliki kemampuan sempurna dalam hal adaptasi pada suhu lingkungan hangat sampai panas. Rata-rata suhu ideal yang menjadi habitat tanaman ini sekitar 32 derajat celcius pada musim kemarau.

Ketinggian ideal habitatnya minimal 350 mdpl. Adapun penyinaran matahari yang dapat ditoleransi mencapai 90%. Sehingga dapat tumbuh baik di area outdoor yang terpapar sinar matahari pagi sampai sore hari.

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Dendrobium lasianther (Anggrek Stuberi). Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/