Anggrek Cattleya aurantiaca "Guarianthe aurantiaca"

Anggrek Cattleya aurantiaca "Guarianthe aurantiaca"

Jelajah Network
Rabu, 06 Januari 2021

Anggrek Cattleya aurantiaca




Klasifikasi Ilmiah Anggrek Cattleya aurantiaca

Adapun klasifiikasi ilmiah dari Anggrek Cattleya aurantiaca antara lain :

Kingdom         : Plantae

Clade               : Tracheophytes

Clade               : Angiosperms

Clade               : Monocots

Order              : Asparagales

Family             : Orchidaceae

Subfamily       : Epidendroideae

Genus             : Guarianthe

Spesies            : Guarianthe aurantiaca

Nama binomial : Guarianthe aurantiaca (Bateman ex Lindl.) Dressler & W.E. Higgins

 

Sinonim Anggrek Cattleya aurantiaca

Adapun sinonim Anggrek Cattleya aurantiaca antara lain :

  • Amalia aurantiaca (Batemen ex Lindl.) Heynh
  • Epidendrum aurantiacum Batemen ex Lindl. (basionym)
  • Cattleya aurantiaca (Batemen ex Lindl.) P.N Don
  • Laelia aurantiaca (Batemen ex Lindl.) Beer
  • Broughtonia aurea Lindl.
  • Epidendrum aureum (Lindl.) Lindl.

 


Anggrek Cattleya aurantiaca atau Guarianthe aurantiaca dideskripsikan oleh Robert Louis Dressler & Wesley Ervin Higgins pada tahun 2003. Anggrek spesien ini berasal dari Meksiko, Guatemala, El Salvador, Honduras, dan Nikaragua. Di Nikaragua, tanaman Anggrek Cattleya aurantiaca tumbuh di pohon di padang rumput berbukit yang kerin dan di hutan dekat jalan raya. Di sekitar Matagalpa dn Managua, anggrek spesies ini ditemukan di ketinggian 600 meter hingga 1000 meter. Di Meksiko, Anggrek Cattleya aurantiaca tumbuh di pohon yang tumbuh di lereng bukit yang terlindung dan lembah pegunungan di kawasan Pasifika pada ketinggian 300 – 1100 meter. Lingkungan alam tumbuhan anggrek spesies ini membentang dari negara bagian Sinaloa ke selatan hingga berbatasan dengan Guatemala.

Anggrek Cattleya aurantiaca perbungaannya dari akhir musim dingin sampai musim semi pada terminal dengan ukuran panjang 16 cm. Perbungaannya 2 sampai 11 kuntum yang berbentuk bulat panjang yang timbul pada pseudobulb dewasa. Bunga Anggrek Cattleya aurantiaca memiliki diameter 2,5 – 3,8 cm dan biasanya bertahan sekitar 2 minggu yang tidak memiliki bau. Warna bunganya dapat dibedakan dari kuning atau kuning jingga menjadi merah jingga tua dengan urat merah atau ungu menjalar dari tenggorokan ke setengah panjang bibir yang berbintik-bintik. Beberapa populasi di alam liar melakukan penyerbukan sendiri.

 

Syarat Tumbuh Anggrek Cattleya aurantiaca

Adapun syarat tumbuh Anggrek Cattleya aurantiaca antara lain :

Kelembaban

Anggrek Cattleya aurantiaca membutuhkan kelembaban 75% – 85% dari akhir semi hingga akhir musim gugur, turun menjadi sekitar 65% di akhir musim dingin.

Cahaya

Anggrek Cattleya aurantiaca membutuhkan tingkat cahaya 25.000 – 35.000 lux. pergerakan udara yang kuat harus dipastikan sepanjang waktu.




Suhu

Anggrek Cattleya aurantiaca membutuhkan suhu musim panas rata-rata pada siang hari 26 – 27 derajat celcius dan malam hari sekitar 15 derajat celcius. Pada musim semi, suhu rata-rata siang hari adalah 28 – 29 derajat celcius dan malam hari 14 – 16 derajat celcius. Sedangkan pada musim dingin suhu rata-rata 27 – 28 derajat celcius dan malam hari 12 – 13 derajat celcius.

Pemupukan

Anggrek Cattleya aurantiaca dipupuk setiap minggu dosis pupuk yang dianjurkan untuk anggrek sebesar ¼ - ½. Pupuk dengan kandungan nitrogen tinggi bermanfaat dari musim semi hingga pertengahan musim panas dan pupuk yang kaya fosfor harus digunakan pada akhir musim panas dan musim gugur.

Pengairan

Anggrek Cattleya aurantiaca dibudidayakan harus disiram dengan kuat selama pertumbuhan penuh tetapi akarnya harus cepat kering setelah disiram. Ketika pertumbuhan baru mencapai kematangan di musim gugurm, jumlah air harus dikurangi.

Penggantian pot (repotting)

Anggrek Cattleya aurantiaca sebaiknya di repotting saat pertumbuhan akar baru dimulai. Hal ini memungkinkan tanaman menyesuaikan diri daam waktu yang relatif singkat dan memberi anggek spesies ini stress paling sedikir. Jika melakukan repotting pada waktu yang salah, banyak keikis yang bercabang 2 akan tetap stagnan dan akhirnya mati.

Sumber referensi https://travaldo.blogspot.com/

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Cattleya aurantiaca. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/