Mengenal Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii)

Mengenal Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii)

Jelajah Network
Senin, 09 November 2020

 



Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii)

Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) merupakan salah satu anggrek masuk dalam kelompok Bulbophylum spesies, sesuai dengan sebutannya anggrek ini memiliki keunikan yaitu lidah dari bunga ini dapat bergoyang-goyang ketika tertiup angina atau disentuh. Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) tersebar luas di Filiphina, Malaysia, Kamboja, Thailand, Myanmar, dan Indonesia. Penyebaran di Indonesia ada di beberapa wilayah antara lain di Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Anggrek ini memiliki singkatan Bulb ini memiliki karakter yang unik mulai dari bentuk pseudobulbnya sampai varian bunga. Dari segi tampilan bulbophyllum sangat beragam, ada yang memiliki akar panjat dan hidup menempel pada pohon maupun litofit tanaman yang hidup di batu.

Klasifikasi Ilmiah Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii), antara lain :

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Liliopsida

Ordo               : Asparagales

Family             : Orchidaceae

Genus             : Bulbophyllum

Spesies           :  Bulbophyllum lobii

 

Karakteristik Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii), antara lain :


Bunga

Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) memiliki bentuk dan warna yang berbeda-beda sesuai dengan spesiesnya. Dari segi banyaknya kuntum ada yang berbunga tunggal, beberapa kuntum dan banyak kuntum memenuhi tandan. Bentuknya juga bermacam-macam ada yang terjalin seperti spiral, berderet selang-seling dan ada yang berjajar melingkar di pucuk tangkai bunga.

Keunikan Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) salah satunya adalah lidah bunga yang terus bergoyang ketika terkena hembusan angina atau terkena gerakan. Ciri yang dimiliki ini sangat kelihatan pada Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) karena spesies tersebut memiliki bunga dengan lidah yang cukup besar.

Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) sebagian besar terkenal dengan aroma yang khas, yaitu seperti bau bangkai busuk. Sehingga tidak heran apabila Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) dikerumuni lalat-lalat. Disini lalat tersebut memiliki peran yang penting untuk proses penyerbukan. Bunga Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) rata-rata mekar selama satu hingga dua minggu.

Daun

Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) memiliki tampilan daun yang sangat beragam mulai dari yang memiliki helai tipis, tebal seperti sukulen, panjang hingga kecil. Jenis tertentu dari Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) bahkan ada yang tidak memiliki daun dan menggunakan bulbnya sebagai organ fotosintesis.

Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) memiliki karakter daun tunggal. Sering kali para pemula khawatir ketik daun tanaman tua rontok. Kondisi ini sangat lazim terhadap tanaman anggrek jenis apapun karena memiliki pertumbuhan terbatas dengan titik maksimal yang ditandai oleh daun yang rontok. Meskipun batang tanaman sudah tidak memiliki daun lagi, namun masih memiliki peran yang penting terhadap pertumbuhan plant (segerombolan tanaman) sebagai penyimpan cadangan makanan.

Tangkai bunga

Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) tangkai bunganya muncul dari dasar bulb. Tampilan tangkai bunga Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) berbeda-beda ada yang melengkung, tegak lurus, hingga menggantung. Dalam satu gerombol plant bisa muncul beberapa tangkai bunga Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii). Untuk jenis seperti Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) yang sudah memiliki gerombol besar dapat muncul tangkai bunga dengan serentak.

Pseudobulb

Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) memiliki bulb berbentuk batang dengan karakter tanaman yang tinggi ada pula yang memiliki bulb berbentuk kerucut dan bersudut. Namun yang paling lazim kita temui sehari-hari adalah tanaman yang memiliki bulb bentuk kerucut mirip dengan umbi bawang.

Tips dan trik merawat Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii)

Agar Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) tetap hidup, maka harus diperhatikan kondisi anggrek dan merawatnya dengan baik. Untuk kelembabannya, Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) membutuhkan rata-rata kelembaban tinggi. Penanaman Anggrek Lidah Bergoyang (Bulbophyllum lobii) disarankan pada tempat yang memiliki naungan. Pada media tanam sebaiknya yang mampu memberikan sirkulasi udara dengan tingkat penyimpanan air rendah tetapi bisa menyimpan kelembaban seperti pakis dan potongan kayu yang agak lapuk.  Jika media tanam sudah tidak bagus dan tidak layak, sebaiknya perlu dilakukan penggantian media tanam/pot untuk menghindari jamur yang bisa menyebabkan anggrek layu yang akhirnya bisa mati.

Itulah informasi dari kami tentang anggrek Cattleya intermedia. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. 

Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/