Anggrek Jamrud "Dendrobium macrophylum"

Anggrek Jamrud "Dendrobium macrophylum"

Jelajah Network
Jumat, 06 November 2020

 


Dendrobium macrophylum (Anggrek Jamrud)

Dendrobium macrophylum salah satu jenis bunga anggrek langka, meskipun di Indonesia tersebar di berbagai daerah termasuk di pulau Jawa. Namun untuk saat ini sudah dapat dikatakan sangat langka sekali, sehingga pemerintah melindungi jenis bunga anggrek ini.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 yang dikategorikan sebagai tanaman yang dilindungi sehingga tanaman anggrek Jamrud tidak diperbolehkan diperjualbelikan kecuali untuk generasi ketiga. Artinya tumbuhan hasil penangkaran yang telah mendapatkan izin dari pihak yang berwenang seperti BKSD. 

Tetapi anggrek Jamrud dapat dimiliki dengan cara menanam anggrek menggunakan media tanam yang sangat cocok. Harga anggek Jamrud sangat beranekaragam sesuai dari umurnya atau bahkan besarnya bibit anggrek Jamrud ini. Dalam hal perawatan, anggrek Jamrud tergolong sangat mudah sekali karena cara perawatannya seperti bunga angrek pada umumnya.

Dendrobium macrophyllum dikenal juga dengan anggrek Jamrud yang memiliki bentuk bunga yang sangat indah sekali dengan warnanya. Selain itu juga memiliki bentuk memanjang atau memiliki bentuk elips.


Klasifikasi ilmiah pada anggrek Jamrud, antara lain :

Kingdom         : Plantae

Subkingdom    : Tracheobionta

Super divisi    : Spermatophyta

Divisi              : Magnoliophyta

Kelas              :  Liliopsida

Sub kelas        : Liliidae

Ordo               : Orchidales

Family             : Ochidaceae

Genus             : Dendrobium

Spesies           : Dendrobium macrophyllum


Anggrek Jamrud memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut, antara lain :

Bunga

Bunga anggrek Jamrud memiliki tangkai dengan ukuran panjang yang mencapai 15 sampai 40 cm dan setiap tangkai akan tumbuh bunga, yang kurang lebih sebanyak 15 sampai 25 bunga di setiap tangkainya.

Bunga anggrek Jamrud akan berbunga dari musim semi hingga akhir musim panas, tidak seperti bunga anggrek tebu yang berbunga setiap saat. Bunga anggrek Jamrud mekar cukup lama hingga 1 bulan.

Bunga anggrek Jamrud memiliki ukuran rata-rata 2,5 cm yang mana ukuran tersebut cukup bear untuk sebuah bunga anggrek. Bunganya berbentuk gugusan dan bertekstur berat yang mempunyai variable warna.

Batang

Batang anggrek Jamrud memiliki garis-garis dan agak pipih. Bentuknya juga ramping dan lebih tebal di atas 60 persen batang, terdiri dari 2 sampai 4 daun gigih pada pucuk batang.

Tangkai bung memanjang dan besar sekitar 30 sampai 40 cm dri ujung bulb. Dalam satu tangkai biasanya terdapt 25 sampai 30 kuntum bunga.

Daun

Daun anggrek Jmrud memiliki jumlah 2 sampai 4 helai tumbuh di pucuk pseudobulb. Daun memiliki serat lurus dan terlihat jelas, berwana hijau hingga kekuningan. Bentuk daunnya agak lonjong (oblong elips) dan bisa cukup panjang.

Pseudobulb berwarna kuning. Pseudobulb memiliki bentuk yang agak unik dan terlihat kokoh. Pada pangkal pseudobulb terlihat ramping dan menggeuk di bagian tengahnya. Pseudobulb memiliki rusuk-rusuk kecil yang sangat jelas jika dilihat.

Anggrek Jamrud dikenal sebagai karakternya yang khas dengan warna hijau pucat. Anggrek Jamrud memiliki kemampuan adaptasi yang cukup kuat, anggrek ini dapat hidup mulai di dataran rendah hingga ketinggian 500 mdpl sampai 1.500 mdpl. Anggrek Jamrud tergolong tanaman epifi yang hidunya menempel pada pohon dan bergerombol berupa rumpun-rumpun besar.

Itulah informasi dari kami tentang anggrek jamrud. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/