Anggrek Cattleya dowiana "Queen of the Cattleyas"

Anggrek Cattleya dowiana "Queen of the Cattleyas"

Jelajah Network
Selasa, 05 Januari 2021

 Anggrek Cattleya dowiana



Klasifikasi Ilmiah Anggrek Cattleya dowiana

Adapun klasifikasi ilmiah  Anggrek Cattleya dowiana antara lain :

Kerajaan         : Plantae

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Liliopsida

Ordo               : Asparagales

Family             : Orchidaceae

Subfamily       : Epidendroideae

Suku                : Epidendreae

Subtribe         : Laeliinae

Genus             : Cattleya

Spesies            : Cattleya dowiana

Nama binomial  : Cattleya dowiana Bateman & Rchb.f. 1886

 

Sinonim Anggrek Cattleya dowiana

Adapun sinonim Anggrek Cattleya dowiana antara lain :

  • Cattleya labiate var dowiana [Batem. & Rchb.f] Veitch 1887
  • Cattleya lawrenceana Warsc. 1883
  • Cattleya dowiana f. carmoniana
  • Cattleya dowiana f. Rosita
  • Cattleya dowiana var. Rosita
  • Cattleya labiate var dowiana
  • Cattleya lawrenceana

 


Anggrek Cattleya dowiana disebut juga Queen of the Cattleyas dideskripsikan oleh James Bateman & Heinrich Gustav Reichenbach pada tahun 1866. Spesies ini ditemukan tumbuh epifit di pepohonan di Kosta Rika dan Panama pada ketinggian 250 meter hingga 2500 meter di atas permukaan laut. Anggrek Cattleya dowiana mekar dari musim panas hingga musim gugur dengan lima hingga enam bunga selebar 15 cm. Bunga dari Anggrek Cattleya dowiana harum dengan aroma pedas. Spesies ini mirip dengan Cattleya aurera yang memiliki bunga lebih besar dengan warna yang lebih pekat.

Spesies ini berukuran sedang, sejuk hngg hangat yang tumbuh dengn clavate, pseudoblbs setinggi 8 hingga 20 cm dengan tulang rusuk yang berbed jika terlalu kering, sebagian tersembunyi pada usia muda dengan selubung, berdaging, lonjong-elips, hijau muda, conduplicate, apical, panjang 23 cm dan lebar daun sekitar 6 cm.

Anggrek Cattleya dowiana memiliki sepal yang berbentuk lanset, berukuran panjang 7,5 cm dan lebar 2 cm pada ujung belok ke belakang. Kelopak berbentuk belah ketupat atau bulat telur dan bergelombang di bagian tepi yang memiliki ukuran panjang 7,5 cm dan lebar 6 cm. Bibir dari anggrek spesies ini meiliki tiga bibir, dilipat dalam bentuk ayam, didalamnya ditutupi kolom (kadang-kadang ujungnya terputus dan terlihat), di sepanjang tepi dibagi menjadi dua bagian, bergelombang dengan dentikel padat ditutupi dengan urat keemasan terkadang membentuk semacam bitnik besar. Kolom Anggrek Cattleya dowiana berbentuk melengkung memiliki panjang sekitar 3,5 cm.

 


Syarat Tumbuh Anggrek Cattleya dowiana

Adapun syarat tumbuh Anggrek Cattleya dowiana antara lain :

Kelembaban

Anggrek Cattleya dowiana di habitat alami, kelembaban relatif udara jarang turun di bawah 70%. Dalam kondisi kelembaban tinggi diperlukan ventilasi ruangan tempat tanaman anggrek secara teratur karena udara lembab dan pengap merupakan media yang ideal untuk reproduksi massal berbagai penyakit jamur dan bakteri.

Suhu

Anggrek Cattleya dowiana mengacu pada rezim suhu yang cukup hangat dan sepanjang tahun tanaman disimpan dalam kondisi suhu musim panas pada sang hari sekitar 25 – 35 derajat celcius, sedangkan pada malam hari membutuhkan suhu rata-rata 18 – 20 derajat celcius. Suhu musim dingin tidak di bawah 16 derajat celcius. Untuk penanaman yang berhasil di rumah, suhu konten malam harus selalu 6 – 10 derajat celcius lebih rendah dari suhu siang hari.

Cahaya

Anggrek Cattleya dowiana menyukai sinar matahai yang cerah dan mampu mentolerir sinar matahari langsung sekitar 50.000 – 70.000 lux yang memperoleh warna daun dan pseudobulbs yang lebih terang. Sinar matahari yang cerah adalah salah satu prasyarat utama anggrek untuk berbunga dari spesies anggrek ini. Jika pencahayaan tidak memadai, maka bunga anggrek tidak akan mekar karena pseudobulb baru tumbuh kurang berkembang yaitu tidak mampu berbunga. Sepanjang tahun durasi hari terang harus setidaknya 10 jam, idealnya 16 jam.

Waktu istirahat

Anggrek Cattleya dowiana di musim dingin mengalami masa istirahat singkat, saat anggrek agak lebih kering dan lembab dari biasanya serta tidak membuahi. Dengan munculnya tunas baru, periode istirahat berakhir, suhu total isi meningkat dan penyiraman anggrek berlanjut dalam volume biasa.

Pemupukan

Anggrek Cattleya dowiana perlu diberi pupuk setiap 2 minggu sekali sebanyak ½ dari konsentrasi pemupukan yang tertera pada kemasan. Pupuk terbaik adalah pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor dan kalium dengan porsi yang sama, missal NPK = 3-3-3 atau 8-8-8. Jika tidak memiliki pupuk NPK, maka pada awal musim tanam atau munculnya tunas baru, berikan makan anggrek dengan pupuk yang memiliki kandungan nitrogen tinggi dan ketika kecambah mencapai ½ dari pertumbuhan normalnya, pupuk dengan kandungan fosfor yang lebih tinggi.

Pengairan

Anggrek Cattleya dowiana secara langsung tergantung pada suhu kandungan secara keseluruhan, semakin tinggi, semakin sering dan melimpah perlu disiram. Saat menyiram anggrek dalam pot, perlu diingat bahwa kelebihan air selama penyiraman harus mengalir bebas keluar dari pot karena genangan air baik di dalam pot maupun di paletnya dapat menyebabkan pembusukan pada akar dan bagian bawah dari tanaman. Subtrat di antara penyiraman harus mongering dengan baik.

Penggantian pot (repotting)

Penggantian pot Anggrek Cattleya dowiana hanya jika benar-benar diperlukan, misalnya dalam kasus salinisasi parah atau kondensasi subtrat. Pada Ph yang sangat tinggi atau rendah (tingkat 5,5 hingga 6,5) atau ketika tanaman anggrek akan tumbuh sangat banyak dan pot akan menjadi terlau kecil untuk itu (pseudobulbs akan mulai menggantung dari tepi pot). Waktu terbaik untuk transplasi adalah saat kecambah anggrek abru mencapai ukuran 5 cm dan mulai membangun akarnya sendiri.

Sumber referensi https://travaldo.blogspot.com/

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Cattleya dowiana. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/