Mengenal Anggrek Phalaenopsis fuscata

Mengenal Anggrek Phalaenopsis fuscata

Jelajah Network
Jumat, 13 November 2020

 


Anggrek Phalaenopsis fuscata

Anggrek Phalaenopsis fuscata merupakan salah satu spesies dari marga Phalaenopsis, dimana spesies ini dideskripsikan oleh Heinrich Gustav Reichenbach pada tahun 1874. Anggrek Phalaenopsis fuscata berasal dari Semenanjung Malaysia, Thailand, Filiphina, hingga Indonesia. Daerah penyebaran Anggrek Phalaenopsis fuscata di Indonesia yaitu Kalimantan dan Sumatera. Biasanya Anggrek Phalaenopsis fuscata di temukan pada ketinggian 0 – 457 meter di pepohonan sekat sungai di hutan rindang. Anggrek Phalaenopsis fuscata merupakan hibrida alami dengan Phalaenopsis sumatrana.

Klasifikasi ilmiah dari Anggrek Phalaenopsis fuscata, antara lain:

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Angiospermae

Class               : Monokotil

Ordo               : Asparagales

Famili              : Orchidaceae

Subfamily       : Epidendroideae

Marga             : Phalaenopsis

Spesies           : Phalaenopsis fuscata

Anggrek Phalaenopsis fuscata memiliki nama sinonim, antara lain:

  • Polychilos fuscata (Rchb.f.) Shim
  • Phalaenopsis denisiana Cogn


Karakteristik Anggrek Phalaenopsis fuscata

Anggrek Phalaenopsis fuscata berukurn kecil hingga sedang termasuk anggrek epifit yang berbatang pendek tertutup pelepah daun. Daun Anggrek Phalaenopsis fuscata berukuran lebar bengkok dari pangkal hingga ujung. Daun Anggrek Phalaenopsis fuscata memiliki ukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 10 cm dengan tekstur halus dan pangkal agak bengkok.

Bunga Anggrek Phalaenopsis fuscata perbungaannya mekar dari musim semi hingga musim panas dengan 2 hingga 3 bungan dengan lebar 3,75 cm. Anggrek Phalaenopsis fuscata memiliki bunga yang menempel pada tangkai bunga sederhana atau bercabang. Dalam satu tangkai bunga terdapat 12 helai bunga atau lebih. Tekstur bunga Anggrek Phalaenopsis fuscata adalah berdaging dan mekar per bagian. Anggrek Phalaenopsis fuscata memiliki kelopak dan mahkota bunga yang berwarna kuning dengan variasi warna cokelat pad bagian tengah. Kelopak bunga berbentuk oval atau oval elips dengan ukuran panjang 14 – 17 mm dan lebar 7 – 10 mm.

Sementara, mahkota Anggrek Phalaenopsis fuscata berbentuk bulat panjang atau elips dan tajam pada bagian ujung dengan ukuran panjang 12 – 15 m dan lebar 6 – 8 mm. Lidah bunga Anggrek Phalaenopsis fuscata teksturnya berdaging dan berwana kuning dengan variasi warna coklat pada permukaannya. Panjang lidah bunga Anggrek Phalaenopsis fuscata adalah kisaran 11 m – 14 m.


Syarat Anggrek Phalaenopsis fuscata Tumbuh Baik, antara lain:

Suhu

Suhu rata-rata siang hari musim panas adalah 32, sedangkan saat malam hari 22 - 23. Suhu rata-rata pada musim dingin adalah 28 - 30, sedangkan pada malam hari 22 - 23.

Kelembaban

Anggrek Phalaenopsis fuscata membutuhkan kelembaban 85% - 90%. Kelembaban tinggi dan pergerakan udara yang sangat baik dalam spesies ini. Untuk meningkatkan kelembaban, disarankan menggunakan pelembab udara atau meletakkan tanaman di tanah liat basah.

Pencahayaan

Anggrek Phalaenopsis fuscata membutuhkan tingkat pencahayaan 10.000 – 12.000 lux. Anggrek Phalaenopsis fuscata tumbuh dengan baik di bawah cahaya buatan, jendela utara dan timur cocok untuk Anggrek Phalaenopsis fuscata.

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Phalaenopsis fuscata. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/