Negara-Negara Penghasil Anggrek Terbesar (Bagian 1)

Negara-Negara Penghasil Anggrek Terbesar (Bagian 1)

Jelajah Network
Jumat, 23 Oktober 2020

 

Anggrek merupakan tanaman hias yang memiliki daya jual tinggi karena keindahan dan kecantikan bunganya. Anggrek memiliki bisa dimanfaat untuk obat kesehatan, pengharum ruangan, dan hiasan di rumah maupun taman.

Anggrek tersebar luas di berbagai belahan dunia, terutama di Indonesia, Taiwan, dan Thailand, yang mana negera tersebut merupakan produsen atau penghasil anggrek terbesar.

A.     INDONESIA

Peluang usaha florikultura seperti anggrek untuk pasar domestik dan internarsional terbuka lebar mulai dari jasa dekorasi, pertamanan hingga pariwisata. Cakupan pemasarannya juga dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis seperti dalam botolan, kompot, tanaman pot remaja atau dalam bentuk bunga potong.

Dari Laporan Kinerja Direkorat Jenderal Hortikultura Tahun 2017, selamaa enam tahun terakhir trend sector florikultura khususny bunga potong telah menempatkan anggrek di posisi urutan keempat. Urutan ditempati oleh bunga krisan, kemudian disusul mawar dan sedap malam.

Di sepanjang periode tahun 1997 – 2015 terkait dengan perkembangan luas panen, Outlook Anggrek 2015 mencatat adanya peningkatan rat-rata ebesar 3,95 persen. Sementara itu, kapasitas produki anggrek di sepanjang 1997-2014 juga cenderung naik, rata-rata pertumbuhannya adalah 10,67 persen. Jika produksi anggrek pada tahun 1997 seberar 6,50 juta tangkai, maka pada 2014 jumlah produksinya telah mencapai 19,74 juta tangkai.

Pada tahun 2015 merujuk data Kementerian Pertanian, kapasitas produksi komoditas anggrek seber 19,73 juta tangkai atau masih sekitar 1,01 persen dari total produksi bunga potong nasional. Sumber ini juga menyebutkan, sentra produksi anggrek di Indonesi masih didominasi oleh Pulau Jawa. Kapasitas produksinya tercatat sebesar 16,69 juta tangkai atau sekitar 84,56 persen dari total produksi nasional.

Merujuk penelitian Donny Aswinta Oki Putra pada tahun 2018 dalam Analisis Usahatani Tanaman Anggrek (dendrobium) di Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor, disebutkan beberapa jenis tanaman anggrek relative dominan dikembangkan untuk pasar tujuan domestik maupun ekspor, antara lain Cattleya Lisa annx Lucky Strike dan Temanngung Beauty Brasco Pacto Cattlyea, Phalaenopsis, berbagai silangan dengan warna ungu kehitaman dan stripe, Doritaenopsis, Meltonia sp dan Odontoglatum, serta Dendrobium.

PT Ekakarya Graha Flora dikenal sebagai produsen anggrek bulan (Phalaenopsis) dan anggrek dendrobium dalam bentuk tanaman dan benih. Kapasitas produksi anggrek di PT Ekakarya kini mencapai 1 juta anggrek per tahun. System produksinya sudah cukup modern, lengkap dengan fasilitas penangkaran benihnya.

Direktur Marketing PT Ekakarya Graha Flora, Joko As’ad mengaku pihaknya sangat berminat mengisi ceruk pasar ekspor anggrek dunia. Produsen anggrek yang berdiri sejak 1997 ini telah mengekspor anggreknya ke sejumlah negara diantaranya Amerika Serikat, Belanda, Australia, Jepang dan Singapura.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik, kinerja ekspor flotikultura sepanjang tahun 2019 naik disbanding 2018. Tahun 2019 ekspor florikultura mencapai 4.856 ton dengan nilai sekitar Rp 189 Milyar. Pada tahun 2018 sebanyak 4.639 ton senilai Rp 168,9 milyar. Sementara ekspor anggrek kumulatif sepanjang tahun 2017 hingga 2019 mencaai 132 ribu kilogram seniali Rp 12,4 Milyar. Pada tahun 2019 ekspor anggrek sebanyak 38 riu kilogram dengan nilai Rp 3,2 Milyar dengan negara tujuan ekspor melipti Jepang, Singapura, Timor Leste dan Korea.

B.  

Itulah informasi dari kami tentang negara-negara penghasil anggrek terbesar. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/