Anggrek Temuan Baru, Anggrek Dendrobium naga taksaka

Anggrek Temuan Baru, Anggrek Dendrobium naga taksaka

Jelajah Network
Minggu, 20 Desember 2020

 


Anggrek Dendrobium naga taksaka

Berdasarkan Buku Anggrek Spesies Indonesia yang diterbitkan oleh Direktorat Pembenihn Hortikultra Kementerian Pertanian, setidaknya telah terindentifikasi sekitar 750 famili, 43.000 spesies dan 35.000 varietas hibrida anggrek dari seluruh penjuru dunia.

Indonesia kurang lebih memiliki 5.000 spesies yang diketahui spesies asli dengan pertumbuhannya di hutan belantara ada juga yang telah dibudidayakan olleh masyarakat. Dari jumlah itu, 986 spesies tersebar di Pulau Jawa 971 berada di Pulau Sumatera, 113 spesies tumbuh di Kepulauan Maluku dan sisanya terdapat di Sulawesi, Papua, Nusa Tenggaa dan Kalimantan.

Anggrek spesies merupakan istilah untuk merujuk tanaman anggrek yang tumbuh secara alami dan pada umumnya berkembang di ekosistem hutan. Sehingga anggrek spesies ini kerap disebut anggrek unik karena belum dikawinsilangkan secara buatan dengan anggrek jenis lain.

Peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil menemukan spesies baru anggrek, yaitu Dendrobium naga taksaka. Deskripsi spesies baru ini telah diterbitkan pada jurnal ilmiah nternasional Phytotaxa pada sepember 2019. Anggrek dendrobium naga taksaka merupakan anggrek epifit yang tumbuh menempel di permukaan batang perpohonan. Distribusi alami dari spesie baru anggrek naga taksaka ini berasal dari kawasan hutan daerah endah di provinsi Papua Barat.


Anggrek Dendrobium merupakan salah satu jenis anggrek yang banyak digemari. Selain harga yang cukup terjangkau, budi daya anggrek Dendrobium juga mudah dilakukan yang menjadikan anggrek termasuk tanaman hias yang digemari masyarakat.

Genus Dendrobium dikenal sebagai salah satu kelompok anggrek yang memiliki bentuk bunga yang unk dan menjadi salah satu komoditas bunga hias yang sangat digemari. Spesies baru anggrek dendrobium nagataksaka ini memiliki keunikan bentuk kuntum bunganya yang memiliki petal tegak seperti tanduk dan bibir bunga yang menjulur panjang menyerupai bentuk kepala seekor naga. Oleh karena itu bentuknya inilah spesies tersebut di beri  nama naga taksaka yang juga merupakan makhluk mitologi di cerita Mahabharata.


Naga taksaka (Kaang) sementara dalam artinya sendiri adalah naga bersayap yang merupakan symbol angkasa atau melambangkan atmosfer bumi sebagaimana digambarkan pada singgasana padmasana yang berbentuk menyerupai kursi dan dengan keindahan seni rupa.

Sumber referensi:

http://technology-indonesia.com/teknologi-a-z/taksonomi/peneliti-lipi-temukan-dua-spesies-baru-anggrek-dendrobium-nagataksaka-dan-eulophia-lagaligo/

https://www.cleanipedia.com/id/kepedulian-lingkungan/melihat-anggrek-dendrobium-tanaman-langka-yang-indah.html

https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/11/04/namanya-diartikan-naga-bersayap-inilah-makna-spesies-anggrek-terbaru-dari-papua

https://jeda.id/real/baru-ditemukan-anggrek-unik-ini-mirip-kepala-naga-2600

Itulah informasi dari kami tentang anggrek dendrobium naga taksaka. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/