Mengenal Anggrek Vanda denoniana dan Syarat Tumbuh

Mengenal Anggrek Vanda denoniana dan Syarat Tumbuh

Jelajah Network
Rabu, 23 Desember 2020

 

Anggrek Vanda denoniana


Klasifikasi Ilmiah Anggrek Vanda denoniana

Kingdom        : Plantae

Division         : Magnoliophyta

Class              : Liliopsida

Order              :Asparagales

Family             : Orchidaceae

Subfamily      : Epidendroideae

Tribe               : Vandeae

Subtribe         : Aeridinae

Genus             : Vanda

Spesies          : Vanda denisoniana

Nama binomial : Vanda denisoniana

Sinonim Anggrek Vanda denoniana


Adapun nama sinonim Anggrek Vanda denoniana, antara lain :

  • Lady Denison Londesborugh
  • Vanda denisoniana var. hebaraica
  • Vanda henry
  • Vanda denisoniana var. tessellate

Anggrek Vanda denoniana dideskripsikan oleh Bens. & Rchb.f. pada tahun 1869. Tanaman Anggrek Vanda denoniana ini merupakan anggrek asli Myanmar, Thailand, China, Laos dan Vietnam. Di Myanmar, Anggrek Vanda denoniana ditemukan pada keinggian 610 meter – 760 meter di pegunungn Arracan yang terletak di bagian barat daya negaa dan dekat Ta-ok di daerah Tenasserim. Di Thailand utara, tanaman Anggrek Vanda denoniana ditemukan di dekat Mae Hong Song, Khuntan, Chiengmai, Mae Tun, Lampun dimana Anggrek Vanda denoniana tumbuh di dataran tinggi. Di China tanaman Anggrek Vanda denoniana terdapat di provinsi barat daya Yunnan.



Anggrek Vanda denoniana mekar di akhir musim dingin dan musim semi dengan panjang sekitar 15 m. Anggrek spesies ini menghasilkan 4 – 6 bunga yang memiliki aroma vanilla yang kuat di sore hari. Bunga anggrek Vanda denoniana memiliki warna bervariasi, tetapi biasanya berwarna gading, krem, kuning lemon atau kuning keemasan. Ada juga yang mengatakan bentuk bunga kuning – coklat dan berwarna tembaga. Bunga lilin anggrek Vanda denoniana memiliki panjang 5 cm – 6,4 cm dar ujung kelopak sampai ke ujung bibir yang sangat tahan lama.

Tanaman anggrek Vanda denoniana merupakan anggrek epifit yang tumbuh dengan ukuran besar menggumpal tingginya bisa mencapai 30 cm. Daun anggrek Vanda denoniana beruntai untuk ligulasi dan melengkung. Daunnya memiliki panjang hingga 30 cm dan lebar 2,5 cm yang teksturnya kaku, bengok dan ujungnya terbelah tajam.

Syarat Tumbuh Anggrek Vanda denoniana

Tanaman anggrek vanda denoniana termasuk tumbuhan termofilik. Pada saat musim panas, suhu rata-rata siang hari sekitar 27 – 29 derajat Celcius, sedangkan mala hari sekitar 19 – 20 derajat celcius dengan selisih harian 7 – 9 derajat celcius. Pada saat musim semi, suhu rata-rata siang hari sekitar 31 – 32 derajat celcius, sedangkan malam hari sekitar 17 – 19 derajat celcius dengan ampitudo harian 9 – 15 derajat celcius. Pada saat musim dingin, rata-rata suhu siang hari sekitar 25 – 28 derajat celcius, sedangkan malam hari 9 – 10 derajat celcius yang memberikan perbedaan harian 15 – 18 derajat celcius.


Anggrek Vanda denoniana membutuhkan tingkat pencahayaan sekitar 30.000 – 40.000 lux. Anggrek spesies ini membutuhkan cahaya yang cukup terang dan tersebar tetapi tidak boleh terkena sinar matahari langsung di tengah hari. Pergerakan udara yang kuat harus dipastikan sepanjang waktu. Untuk kelembabannya, anggrek Vanda denoniana membutuhkan sekitar 80 – 85 persen pada saat musim panas, sedangkan pada saat akhir musim dingin dan awal musim semi turun menjadi sekitar 60 – 65 persen.

Anggrek Vanda denoniana biasanya di tanam di pot gantung atau keranjang berlubang diisi dengan tanah yang gembur. Juga bisa ditanam menggunakan arang atau potongan kulit kayu yang akarnya menempel pada wadah. Pergerakan udara yang terus menerus dan kuat di sekitar akar sangat penting untuk pertumbuhan yang tepat. Untuk penyiramannya harus secara melimpah selama pertumbuhan aktif. Ketika pertumbuhn baru mencapai kematangan pada akhir musim, jumlah air harus dikurangi. Dalam hal pemupukan, pertumbuhan aktif tanaman anggrek Vanda denoniana harus dipupuk setiap minggu dengan dosis ¼ - ½ sesuai yang dianjurkan untuk tanaman anggrek.

Sumber referensi :

https://orchids.fandom.com/wiki/Vanda_denisoniana

https://travaldo.blogspot.com/2017/12/grow-and-care-vanda-denisoniana-orchid.html

 

Itulah informasi dari kami tentang anggrek Vanda denoniana. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/