Cara Sederhana Menyilangkan Anggrek

Cara Sederhana Menyilangkan Anggrek

Jelajah Network
Minggu, 27 Desember 2020

 



Cara Sederhana Menyilangkan Anggrek

Anggrek pada dasarnya hanya ada 2 golongan besar yaitu anggrek spesies dan anggrek hidrid. Anggrek spesies merupakan jenis anggrek ini diperoleh langsung dari habitat aslinya di hutan. Kemudian dibudayakan seperti kondisi aslinya, pembiakannya pun dikaswinkan dengan sesma jenisnya atau pada bunganya sendiri (self). Sedangkan anggrek hidrid merupakan aggrek yang dihasilkan dari sebuah persilanagn dua jenis anggrek yang berlainan, namun anggrek hybrid masih mempunyai hubungan genetic yang dekat.

Pembuatan anggrek hidrid bertujuan untuk mendapatkan sifat-sifat yang terbaik dari 2 spesies yang disilangkan. Untuk memperoleh kombinas warna, bentuk, ukuran maupun jumlah bunga yang diinginkan. Persilangan ini juga untuk mendapatkan tanaman yang lemah menjadi kuat pertumbuhannya, tanaman yang jarang berbunga menjadi rajin berbunga. Untuk mendapatkan anggrek hybrid yang berkualitas, tahapan penyilangan ini perlu mendapat perhatian.

Beberapa hal yang harus dikuasai dalam penyilangan anggrek sebagai berikut :

  • Untuk memperoleh hasil seperti apa yang diharapkan yaitu warna dan bentuk bunga maka penyilang harus memahami sifat-sifat kedua induk yang akan disilangkan.
  • Sebagai induk betina sebaiknya pilih induk yang mempunyai bunga yang kuat dan tidak cepat layu atau gugur.
  • Untuk disilangkan pilih kuntum bunga yang masih segar atau telah membuka penuh.
  • Penyilangan sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah dilakukan penyiraman saat cuaca agak kering.

 

Cara menyilangkan anggrek untuk membuat anggrek hidrid sangat gampang dan sederhana. Prinsipnya adalah dengan mengambil pollina atau pollinaria atau tepung sari dari jenis anggrek dimasukkan ke dalam stigma atau lubang putik bunga jenis anggrek lain yang telah masak. Proses ini dinamakan penyerbukan. Teknik penyerbukan pada anggrek lebih sederhana dibandingkan dengan bunga lainnya karena pollinia pada anggrek merupakan masa yang kompak sehingga mudah dipindahkan.

  1. Adapun langkah-langkah dalam melakukan penyilangan sebagai berikut :
  2. Buka ujung coloumn bunga sehingga akan terlihat didalamnya pollinia berwarna kuning.
  3. Ambil pollinia tersebut dengan hati-hati menggunakan lidi, tusuk gigi atau pinset.
  4. Masukkan pollinia tersebut ke daam stigma atau kepala putik.
  5. Beberapa hari kemudian bunga yang disebuki tersebut akan layu dan muncul bakal buah. Buah anggrek hasil persilangan tersebut akan masak setelah tiga sampai enam bulan yang ditandai dengan perubahan warna buah dari hijau menjadi hijau kekunginan. Buah anggrek tersebut berisi ribuan biji anggrek yang akan menghasilkan tanaman baru hasil silangan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya penyerbukan yang dilakukan pada penyilangan anggrek adalah sebagai berikut :

  • Induk betina yang digunakan harus sehat. Apabila tidak sehat maka biji yang dihasilkan tidak bisa tumbuh sampai tingkat pemasakan biji dan biji tidak sanggup untuk berkecambah.
  • Induk jantan yang digunakan juga harus sehat sehingga pollinia yang dihasilkanberkualitas baik.
  • Pollinia yan disilangkan sebaiknya bukan hasil pollinia simpanan, tetapi diambil langsung saat akan menyilangkan.
  • Persilangan sebaiknya dengan menggunakan dua jenis tanaman anggrek yang mempunyai hubungan genetis yang dekat.
  • Melakukan penyilangan apabila dilakukan pada waktu musim hujan sebaiknya setelah melakukan penyilangan, selama 10 sehari bunga yang dikawinkan ditutup kantong plastic. Hal tersebut dilakukan bagi yang tidak memakai greenhouse atau peneduh.
  • Temperature yang terlalu rendah atau tinggi akan menyebabkan kegagalan dalam penyerbukan.

Itulah informasi dari kami tentang cara sederhana menyilangkan anggrek. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/