Aklimatisasi Anggrek Phalaenopsis sp Menggunakan Media Tanam Batu Zeolit

Aklimatisasi Anggrek Phalaenopsis sp Menggunakan Media Tanam Batu Zeolit

Jelajah Network
Minggu, 27 Desember 2020

Aklimatisasi Anggrek Phalaenopsis sp Menggunakan Media Tanam Batu Zeolit




Aklimatisasi tanaman anggrek bulan Phalaenopsis sp. hibrida media tanam alternative seperti batu zeolite juga bisa dipakai. Biji anggrek yang telah berkembang secara in vitro menjadi plantlet yang berakar, selanjutnya harus di aklimatisasi sebelum dibiakan di lingkungannya. Aklimitisasi merupakan proses penyesuaian terhadap factor lingkungan abiotic secara morfologis maupun fisiologis (Rifai, 2004) pada tanaman hasil perbanyakan kultur in vitro ke lingkungan in vivo yang septik.

Aklimitasis pada tanaman anggrek memerlukan perlakuan dan media yang khusus agar organ-organnya tidak mengalami pembusukan dan tidak terserang penyakit. Media tanam anggrek harus memiliki beberapa persyaratan antara lain :

Tidak lekas melapuk dan terdekompoisis, tidak menjadi sumber penyakit, mempunyai aerasi dan drainase yang baik (Iswanto, 2002)

Mampu mengikat air dan zat-zat hara secara optimal, dapat mempertahankan kelembaban di sekitar akar dibutuhkan Ph media 5 – 6 (Gunawan, 2004) ramah lingkungan serta mudah didapat dan relatif murah harganya.

Menurut Ginting (2008) media tanam anggrek yang umum digunakan adalah arang kayu dan akar pakis. Namun permintaan akar pakis yang semakin banyak akan meningkatkan harga jual dan ketersediaan pakis semakin terbatas. Oleh karena itu, perlu adanya usaha untuk mencari alternative media tanam yang baik digunakan untuk media pertumbuhan anggrek. Salah satu alternative yang dapat dijadikan sebagai media aklimatisasi untuk pertumbuhan anggrek bulan adalah batu zeolite alami.

Zeolite umumnya diartikan sebagai Kristal alumina silica yang berstruktur tiga dimensi dengan rongga-rongga di dalamnya berisi ion-ion logam, biasanya alkali atau alkali tanah dan molekul air yang dapat bergerak bebas (Aidha, 2013). Zeolite memiliki banyak kegunaan dalam berbagai aspek karena memiliki sifat-sifat fisika dan kimia yang unik, yaitu sebagai penyerap, penukar ion, penyaring molekul dan sebagai katalisator yang bersifat lunak dan kering.

Pemanfaatan zeolite dapat digunakan dalam berbagai industri dan pertanian yang akhir-akhir ini berkembang cukup pesat, dari bidang industri pemanfaatan batu zeolite dapat digunakan sebagai filterisasi air dalam menyerap logam-logam penyebab kesadahan air (Aidha, 2013; Rahman dan Hartono, 2004) dan dalam bidang pertanian dapat digunakan sebagai pembenah tanah (Suwardi, 2009) dan mengefisiensikan unsur hara pada pupuk kandang (Estiaty et al., 2005).

Parameter Pertumbuhan Ukuran Panjang Daun Menggunakan Media Tanam Batu Zeolite

Secara statistic, rata-rata pertambahan ukuran panjang daun hingga minggu ke – 15 berkisar antara 1 cm sampai dengan 1,5 cm. Hal ini menunjukkan media batu zeolite tidak memberkan pengaruh positif terhadap pertambahan ukuran panjang daun. Pertambahan ukuran daun yang relatif sama pada semua perlakuan diduga berkaitan dengan proses adaptasi terhadap lingkungan. Anggrek hasil perbanyakan in vitro cenderung melakukan proses adaptasi yang lebih lama.

Pertambahan jumlah ukuran daun tanaman anggrek pada fase juvenile memang cenderung lebih lambat karena berbagai factor, antara lain usia tanaman, gen, ketersediaan nutrisi, dn factor cekaman lingkungan. Menurut Taiz dan Zeiger (2002), penghambat pertumbuhan jumlah dan ukuran daun dapat juga disebabkan oleh cekaman ketersediaan air. Dengan demikian, penyebab pertambahan ukuran daun yang tidak optimal pada semua perlakuan diduga karena usia tanaman yang masih muda dan ketersediaan air pada media tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman untuk melakukan ekspansi penambahan jumlah daun dan ukuran daun.

Parameter peningkatan jumlah akar  Menggunakan Media Tanam Batu Zeolite

Parameter pertumbuhan lain yang diamati adalah jumlah akar. Pada tanaman anggrek, jumlah akar merupakan salah satu indicator pertumbuhan penting, sehingga anggrek dikatakan tumbuh baik dan sehat. Pertambahan jumlah akar yang lebih banyak pada tanaman anggrek yang menggunakan media zeolite dan kombinasi media zeolite + akar pakis diduga berkaitan dengan kemampuan zeolite dalam menyerap kapasitas air dan menyuplai nutrisi.

Pertumbuhan akar dapat dengan melimpahnya nutrisi dan cadangan air yang terdapat pada media (Taiz dan Zeiger, 2002).  Ekspansi akar pada media mengindikasikan bahwa tanaman banyak membutuhkan suplai industi untuk pertumbuhan, sehingga organ yang pertama kali harus dipicu pertumbuhannya adalah akar. Dengan adanya ekspansi pertumbuhan akar, tanaman dapat dengan mudah menyerap nutrisi yang terdapat pada media.

Media tanam zeolite dan media tanam kombinas zeolite + akar pakis menghsilkan tanaman dengan penambahan jumlah akar yang lebih besar. Hal tersebut mengindikasikan bahwa zeolite mampu menyimpan kapasitas air dalam jumlah yang cukup dan menyerap nutrisi yang berasal dari perendaman cairan pupuk untuk kebutuhan tanaman Phalaenopsis sp. hibrida. Tanaman anggrek Phalaenopsis sp. memiliki karakteristik epifit yang menyebabkan adanya modifikasi pada akar, selain sebagai penyerap nutrisi juga sebagai penyerap oksigen bebas dari udara dan pelekat pada media.

Oleh karena itu, media tanam yang memiliki karakteristik penyerap nutrisi dan air, serta memiliki aerasi yang cukup baik dapat mengoptimalkan pertumbuhan (khususnya akar) pada tanama anggrek Phalaenopsis sp. Hal ini didukung oleh Taiz dan Zeiger (2002) yang menjelaskan bahwa tanaman akan mengalami kelayuan apabila mengalami kekeringan akibat evaporasi dan hidup pada tanah yang tergenang air. Akar yang terendam air akan segera kehabisan oksigen yang biasanya tersedia melalui difusi pada ruang atau pori-pori di dalam tanah.

Sumber referensi : Kurniasih, Wiwin, et al., Pemanfaatan Batu Zeolit Sebagai Media

Itulah informasi dari kami tentang Aklimatisasi Anggrek Phalaenopsis sp Menggunakan Media Tanam Batu Zeolit. Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/