Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa)

Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa)

Jelajah Network
Kamis, 12 November 2020

 


Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa)

Nama Phalaenopsis gigantea diambil dari daunnya yang berukuran raksasa, yang dapat tumbuh dari 2 kaki pada tanaman dewasa. Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) adalah anggrek endemiki pertama kali dideskripsikan pada tahun 1909. Anggrek ini adalah angrek terbesar yang diketahui dari Phalaenopsis spesies.

Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) merupakan tumbuhan asli Kalimantan bagian utara di Sabah daerah Merutai dan Gunung Macan, dimana Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) ini terancam punah karena keberadaannya yang langka. Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) juga ditemukan di sisi barat Gunung Crocker di Sarawak dan Kalimantan Barat. Belakangan ini Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) ditemukan do hutan asli Jawa dan kabarnya mudah tumbuh pada ketinggian 152 meter.

Klasifikasi ilmiah dari Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa), antara lain :

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Angiospermae

Class               : Monokotil

Ordo               : Asparagales

Famili              : Orchidaceae

Subfamili        : Epidendroideae

Marga             : Phalaenopsis

Spesies           : Phalaenopsis gigantean



Sinonim dari Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa), antara lain :

  • Polychilos gigantea (JJSm.) Shim
  • Phalaenopsis gigantea var. decolorata Braem ex Holle-De Raeve
  • Phalaenopsis gigantea var. aurea Christenson
  • Phalaenopsis gigantea f. decolorata (Braem ex Holle-De Raeve) Christenson

Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) merupakan anggrek epifit berukuran besar yang pertumbuhannya sangat lambat, mudah terserang penyakit dan sulit berkembangbiak. Tanaman Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) sangat menuntut dengan persyaratan ketat untuk kondisi pertumbuhan.

Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) dalam perbungaan dapat mekar kapan saja, tetapi kebanyakan di akhir musim panas dan awal musim gugur dengan ukuran panjang 15 cm – 40 cm. Bunga Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) memiliki diameter 3,8 cm – 7 cm berbentuk bintang dan berdaging. Bunganya memiliki warna putih kehijauan hingga kuning dengan bitnik-bintik coklat atau kastanye yang berdekatan.

Bibir putih pada bunga memiliki bintik-bintik ungu kemerahan cerah. Perbungaan yang terbaik jika masih hijau dan tidak rusak dapat berbunga selama beberapa musim adalah dengan cara membiarkannya. Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) memiliki batang pendek yang dipenuhi selimut oleh selubung daun yang persisten dan mengikat. Daun Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) tumbuh di alam memiliki panjang 56 cm – 91 cm.


Syarat Tumbuh Baik

Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) dapat tumbuh baik dengan beberapa hal, antara lain :

Kelembaban

Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) membutuhkan kelembaban 70% - 75%. Di habitat alami, kelembaban lebih tinggi tetapi tingkat kelembaban yang lebih tinggi di habitat dapat meningkatkan risiko penyakit.

Pencahayaan

Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) membutuhkan tingkat pencahayaan 800 – 1000 lux, tempatnya di ruangan yang sangat teduh

Suhu ruangan

Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa) membutuhkan suhu ruangan direkomendasikan rata-rata 27 - 28℃ dan minimal 21℃ - 23℃.

Itulah informasi dari kami tentang Anggrek Phalaenopsis Gigantea (Anggrek Bulan Raksasa). Terimakasih kepada para pembaca. Semoga mendapatkan sedikit pengetahuan dan wawasan dari kami.

Apakah Anda salah satu pecinta tanaman Anggrek? dan masih bingung dimana belinya?

Disini kami menyediakan berbagai jenis bibit tanaman Anggrek unggulan untuk hiasan rumah atau taman Anda. Untuk pemesanan silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-bibit-anggrek/

Untuk pemesanan media tanam pakis silahkan kunjungi https://indosuplai.com/jual-pakis-media-tanam-bunga-anggrek/